Salin Artikel

Melihat KRI Teluk Palu-523, Kapal Baru yang Diresmikan KSAL di Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.com - Kapal terbaru milik TNI Angkatan Laut (AL), KRI Teluk Palu-523 diproyeksikan juga dalam misi kemanusiaan penanggulangan bencana.

Kapal pengangkut tank yang baru diluncurkan ini memiliki kemampuan evakuasi untuk wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menuturkan, kapal senilai Rp 220 miliar (tanpa senjata) ini sangat diperlukan untuk operasi perang maupun nonperang.

"Kapal jenis pengangkut ini memiliki peran dalam berbagai misi penting, baik itu operasi perang maupun operasi selain perang seperti misi kemanusiaan penanggulangan bencana," kata Yudo usai serah terima kapal di Dermaga PT Daya Radar Utama (PT DRU), Bandar Lampung, Rabu (9/3/2022).

Menurut Yudo, kapal berbobot 4,5 ton tersebut selain untuk pertahanan maritim, juga diproyeksikan untuk operasi kemanusiaan.

Kapal dengan panjang 120 meter dan lebar 18 meter ini diklaim memiliki spesifikasi mumpuni untuk operasi kebencanaan, dengan daya jelajahnya yang mencapai 7.200 nautical miles.

"Proyeksi pertahanan dari laut ke darat membutuhkan kekuatan, demikian juga operasi kemanusiaan," kata Yudo.

Lebih lanjut, bila melihat kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, kata Yudo, keberadaan kapal pengangkut ini menjadi vital.

"Kondisi alam Indonesia dengan belasan ribu pulau, membuat keberadaan kapal jenis pengangkut ini semakin vital," kata Yudo.

Jadi bukti kemandirian teknologi alutsista

Yudo mengungkapkan, kehadiran KRI Teluk Palu-523 yang diproduksi di Bandar Lampung menjadi bukti kemandirian teknologi alat utama sistem persenjataan (alutsista) nasional.

"Selama ini alustista terlalu bergantung pada teknologi luar negeri," kata Yudo.

Menurut Yudo, teknologi alutsista adalah teknologi yang rumit dan kompleks.

Sehingga, jika industri di dalam negeri mampu membuat alutsista, hal ini bisa menjadi keunggulan pertahanan negara.

Yudo menambahkan, KRI Teluk Palu-523 mampu mengangkut 10 unit tank leopard, 1 unit panser marinir, 1 unit transporter, dan dua unit helikopter.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/09/230509778/melihat-kri-teluk-palu-523-kapal-baru-yang-diresmikan-ksal-di-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke