Salin Artikel

2 Gardu Induk PLN Disiapkan untuk Suplai Listrik MotoGP Mandalika

General Manager PLN NTB, Sudjarwo menjelaskan, suplai utama listrik di MotoGP akan dipasok dari dua gardu induk yaitu gardu induk Sengkol dan gardu induk Kuta.

"Fungsi utama GI (gardu induk) adalah mentransformasikan tegangan. Listrik dari pembangkit akan masuk ke GI, dan selanjutnya akan didistribusikan ke Sirkuit Mandalika," Terang Sudjarwo dalam keterangan tertulis, Selasa (8/3/2022).

Ia menjelaskan, suplai utama kelistrikan untuk MotoGP Mandalika berasal dari Sistem Kelistrikan Lombok.

Beberapa Unit Uninterruptible Power Supply (UPS) disiapkan sebagai lapis kedua dan genset sebagai lapis ketiga, apabila terjadi gangguan pada suplai utama dan kedua.

Sistem Kelistrikan Lombok sendiri terhubung melalui transmisi 150 kV atau dikenal dengan istilah Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

Tegangan ini akan ditransformasi ke tegangan 20 kV untuk selanjutnya didistribusikan kepada pelanggan.

Saat ini, terdapat 11 gardu induk tersebar di seluruh Lombok untuk memperkuat sistem.

Gardu induk Kuta sendiri telah beroperasi sejak 2015 dengan kapasitas trafo yang terpasang sebesar 30 MVA.

Sedangkan untuk gardu induk Sengkol telah beroperasi sejak tahun 2012, dengan satu buah trafo kapasitas 30 MVA.

Seiring dengan perkembangan beban, PLN menambahkan satu buah trafo berkapasitas 30 MVA di tahun 2017 dan satu buah trafo berkapasitas 60 MVA yang beroperasi di bulan Desember 2020.

Beban kedua trafo saat ini masing-masing 68 persen dan 15 persen.

"Dari kedua GI ini, MotoGP akan disuplai dari 3 jalur utama listrik, yakni dua jalur dari GI Kuta dan satu jalur dari GI Sengkol," Kata Sudjarwo.

Dua jalur Saluran Kabel Tegangan Menengah sepanjang 1.485 kms dari gardu induk Kuta dan satu jalur sepanjang 13.8 kms dari gardu induk Sengkol telah selesai terbangun di tahun 2021.

"Ini merupakan ikhtiar PLN untuk memberikan yang terbaik untuk MotoGP. Dan kami terus mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat dan juga stakeholder NTB agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan aman dan lancar," harap Sudjarwo.

Selain menyiapkan gardu induk, untuk gelaran MotoGP ini PLN telah mendatangkan 14 UPS  dengan daya total sebesar 2,4 MVA  dari Bima, Sumbawa, Jawa Timur, DKI Jakarta dan NTT.

Selain itu, 11 buah genset yang didatangkan dari Bima, Sumbawa dan Papua berkapasitas total 6,2 kVA akan dioperasikan sebagai lapis ketiga.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/08/155857078/2-gardu-induk-pln-disiapkan-untuk-suplai-listrik-motogp-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke