Salin Artikel

Foto Tumpukan Sampah di Jalur Pendakian Gunung Merbabu Viral

Foto tersebut diunggah oleh seorang pendaki bernama Famega Syavira Putri melalui akun Twitter pribadinya @cyapila pada Kamis (3/3/2022) sekitar pukul 15.11 WIB.

Pemilik akun Twitter tersebut juga menuliskan keterangan (caption) dalam foto yang dia unggah.

"Halo pendaki, tolong kalau naik gunung bawa kembali sampahmu. Kalau cuma bisa mengotori gunung mendingan diem di rumah aja. Foto: Gunung Merbabu via Suwanting (Pos2) 2 Maret 2022," tulis akun tersebut.

Hingga Senin (7/3/2022) siang, postingan foto tumpukan sampah di pos 2 jalur pendakian Gunung Merbabu telah mendapat ratusan komentar, 7.947 retweet dan lebih dari 28.400 like.

Famega pemilik akun @cyapila mengatakan alasan mengunggah foto tersebut dengan tujuan untuk mengingatkan pada pendaki yang lain untuk bersama-sama ikut menjaga kebersihan di gunung.

Dia menjelaskan foto itu diambil ketika dirinya hendak turun dari puncak Gunung Merbabu pada Rabu (2/3/2022). Ia naik ke Gunung Merbabu via Suwanting pada Selasa (1/3/2022).

"Itu foto saya ambil waktu saya turun. Selain yang aku foto masih ada (foto) yang lain tersebar di sekitar situ (jalur pendakian)," kata dia saat dikonfirmasi Kompas.com via telepon, Senin.

Dia mengaku prihatin dengan kondisi sampah di Gunung Merbabu.

Karena itu, dirinya berinisiatif mengabadikan foto tersebut dan mengunggahnya ke akun medsos pribadinya dengan tujuan mengajak para pendaki lain untuk ikut menjaga kebersihan di gunung.

"Saya tidak tahu yang buang siapa. Jadi kaya pengin negur. Jadi pendaki-pendaki yang lain biar memperhatikan kebersihan. Kalau ada sampah ya harus dibawa turun," ucap dia.


Famega pun mengajak para pendaki yang naik ke gunung untuk selalu memperhatikan kebersihan.

Jika menemukan ada sampah di gunung supaya diambil dan dibawa turun, sehingga tidak mengotori alam.

Terpisah, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Junita Parjanti mengatakan, sudah menerima informasi terkait tumpukan sampah di jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting.

Selain viral masalah sampah, kata Junita di jalur Suwanting juga sempat ada permasalahan terkait dengan booking online.

"Hari Jumat kemarin sudah kita lakukan evaluasi perbaikan. Mudah-mudahan nanti semakin baik," ungkap Junita.

Menurut dia kesadaran membawa sampah kembali turun harus terus diedukasi kepada para pendaki.

"Kita terus imbau kepada pendaki agar selalu menjaga kebersihan sampah. Kita terus edukasi pada pendaki agar membawa sampah kembali turun," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/07/154442078/foto-tumpukan-sampah-di-jalur-pendakian-gunung-merbabu-viral

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke