Salin Artikel

Sirkuit Mandalika Berbenah Jelang MotoGP, Bagaimana Persiapannya?

KOMPAS.com - Sejumlah persiapan terus dimatangkan oleh pihak penyelenggara menjelang perhelatan MotoGP yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika Internasional Street Cirkuit atau Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Perhelatan MotoGP rencananya akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret mendatang.

Lalu, sejauh ini bagaimana persiapannya?

Komandan Lapangan Sirkuit Mandalika Hadi Tjahyanto mengatakan, sejumlah persiapan seperti akses jalan bypass BIL menuju Sirkuit Mandalika sudah mencapai 80 persen.

“Infrastruktur pendukung terus kami kerjakan sampai dengan hari ini, di antaranya adalah pembenahan bypass mulai dari BIL sampai dengan ke Bundaran Songgong, saat ini semuanya berjalan dengan baik, rata-rata sudah 80 persen,” kata Hadi, Minggu (6/3/2022).

Tak hanya itu, kata Hadi, pembenahan juga dilakukan di dalam kawasan sirkuit, seperti pembuatan stan tribun sesuai kapasitas yang dibutuhkan.

“Pembangunan VIP Dulux juga sudah persentasinya sudah disampaikan, pembangunan premium grand stand, reguler grand stand semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan timeline, sesuai yang kita rencanakan,” ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, pengaspalan ulang di Sirkuit Mandalika saat ini masih berlangsung dan ditargetkan akan rampung pada 10 Maret 2022.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria.

Kata Priandhi, saat ini pihaknya tengah melakukan proses milling bertahap, yakni pemotongan dan pengupasan lintasan dari tikungan 16 sampai tikungan 1.

“Jadi yang kita mau milling ulang itu dari (tikungan) 16 sampai 1. Minggu ini kita sudah kedatangan semua barang-barang, kita sudah milling hampir selesai,” kata Priandhi.


Kata Priandhi, setelah proses milling dari tikungan 16 sampai 1 kemudian akan dilakukan pengaspalan dengan agregat aspal yang berbeda dari sebelumnya, dan akan dilanjutkan ke tikungan yang lainnya.

“Campuran ini berbeda, bahan utama kerikilnya itu dicari yang konsisten 10 mili, jadi dengan 10 mili sisi melekatnya lebih banyak, kemudian dari sisi pencucian dari satu tempat yang kita ambil kita cuci,” jelasnya.

Priandhi yakin mampu menyelesaikan pengaspalan ulang sebelum MotoGP berlangsung pada 18-20 Maret mendatang.

Ia pun menargetkan serah terima pengerjaan perbaikan dari PT PP rampung pada 10 atau paling lambat 11 Maret 2022.

“Harus selesai ya karena ini sudah dibicarakan beberapa kali PP sebagai kontraktor, pembangunan lintasan ini sudah menyepakati dan menyanggupi bisa menyelesaikan lintasan ini sehingga tanggal 10 sampai 11 sudah serah terima ke kita,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoarmodjo mengatakan, proses pengaspalan ulang di Sirkuit Mandalika sudah mencapai 60 persen.

“Untuk pengaspalan ulang lintasan sirkuit sudah dimulai dengan progress mencapai 60 persen,” ujar Kartika, dalam konferensi virtual (6/3/2022).

Kartika pun berharap pengaspalan ulang selesai pada 8 Maret.

“Kita harapkan pada 8 Maret 2022, pengaspalan ulang tersebut selesai dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Dorna Sports dan FIM,” harapnya.

Bersamaan dengan perbaikan trek, kata Kartika, panitia penyelenggara juga mengerjakan fasilitas pendukung lainnya seperti tribun para penonton.

Kartika pun optimistis proses perbaikan ini akan selesai dua hari lebih cepat, yakni pada tanggal 8 Maret 2022.

"Saat ini kami fokus menyelesaikan tahap akhir perbaikan sirkuit. tribun grandstand sudah 80 persen selesai termasuk gedung baru untuk kelas VIP Deluxe," ujarnya.

 

Sumber: KOMPAS.com (Penulis : Idham Khalid, Farahdilla Puspa | Editor : Pythag Kurniati, Priska Sari Pratiwi, Firzie A. Idris)

https://regional.kompas.com/read/2022/03/07/140450578/sirkuit-mandalika-berbenah-jelang-motogp-bagaimana-persiapannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke