Salin Artikel

Gempa M 5,9 Guncang Aceh Jaya, Warga Banda Aceh Terkejut

BANDA ACEH, KOMPAS.COM - Gempa bumi dengan kekuatan M 5,9 mengguncang Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, Sabtu (5/3) malam pukul 19.02 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episenter gempa terkini berada di titik koordinat 4,56 LU dan 94,84 BT.

Gempa tersebut berpusat di kedalaman 17 kilometer di bawah permukaan laut.

Kendati berada di laut, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Lokasi gempa 82 KM Barat Daya Calang-Aceh Jaya," sebut BMKG dalam akun Twitternya, Sabtu (5/3).

Di Banda Aceh, gempa juga dirasakan oleh sebagian warga.

Salah satunya warga Mibo, Banda Raya, Banda Aceh, Salsabila. Dia mengatakan bahwa merasakan guncangan gempa dari lantai dua rumahnya.

“Terkejut juga dan secepat mungkin turun dari lantai dua,” katanya.

Belum ada laporan kerusakan di masyarakat pasca guncangan gempa. Masyarakat diimbau untuk tidak panik dan tetap waspada.

Getaran gempa dirasakan di sejumlah wilayah

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan masyarakat yang tinggal di sejumlah wilayah seperti di Kabupaten Aceh Jaya, Meulaboh, Banda Aceh, Aceh Besar dan Pidie.

Gempa ini sempat menimbulkan kepanikan warga, tetapi tidak berlangsung lama.

Adapun dari catatan BMKG, gempa dengan guncangan terkuat dirasakan masyarakat Aceh Jaya dan Meulaboh dengan skala intensitas V MMI.

Dalam skala V MMI, getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Sementara warga di Banda Aceh dan Aceh Besar merasakan guncangan dalam skala intensitas IV MMI, yakni dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Dan warga Pidie merasakan gempa dalam skala intensitas II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/05/201634278/gempa-m-59-guncang-aceh-jaya-warga-banda-aceh-terkejut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke