Salin Artikel

Libur Hari Raya Nyepi, Arus Kendaraan di Puncak Bogor Relatif Sepi

Polisi terus menerapkan pola rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap dan sistem one way atau satu arah secara situasional.

Pantauan Kompas.com, lalu lintas di Jalan Raya Puncak Bogor atau tepatnya di Simpang Gadog, terpantau sepi dan tidak seperti libur panjang sebelumnya.

Bahkan hingga petang, belum terlihat adanya kenaikan jumlah kendaraan yang melintas di sepanjang jalur yang menghubungkan wilayah Cianjur itu.

Kapasitas jalan yang terdiri dari dua jalur empat lajur tampak lebih longgar hingga membuat kendaraan bisa melaju dengan kecepatan maksimal di kedua arah.

Petugas terlihat memberlakukan sistem one way hanya beberapa jam saja di pintu Exit GT Ciawi atau sekitaran Pospol Simpang Gadog, Jalan Ciawi.

Dari mobil polisi terdengar imbauan menaati pola rekayasa lalin hingga protokol kesehatan atau prokes. Sebanyak 233 personel di setiap titik yang berpotensi macet terus dijaga.

"Kami laporkan memang untuk situasi lalin di jalur Puncak ini terpantau cukup normal dibanding dengan long weekend pekan lalu," kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata saat ditemui di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis.


Dia menuturkan bahwa sejak pagi pihaknya sudah menerapkan pola rekayasa lalin berupa ganjil genap dan one way.

Sehingga situasi arus lalin cenderung lengang dibanding akhir pekan lalu. Jalan-jalan utama masih tergolong lancar, tidak sampai menimbulkan kemacetan lagi.

"Gage sudah kita berlakukan tadi pagi, untuk one way itu siang tadi selama 2 jam, karena pengurasan arus ke arah bawah. Data kendaraan yang diputar balik ada 565 kendaraan mobil dan motor," ungkapnya.

Dicky memastikan bahwa arus kendaraan yang masuk ke Puncak Bogor tercatat sebanyak 25 ribu lebih.

"Hari ini terpantau dari pagi sampai siang tadi, di angka 25.000, artinya masih di ambang normal, masih belum menyentuh 30.000," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/03/202621878/libur-hari-raya-nyepi-arus-kendaraan-di-puncak-bogor-relatif-sepi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke