Salin Artikel

Pemerhati Budaya Solo: GPH Bhre Cakrahutomo Harapan Baru Mangkunegaran

SOLO, KOMPAS.com - Secara resmi diumumkan sebagai penerus tahta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo jadi harapan baru keberlangsungan Pura Mangkunegaran.

Pemerhati budaya Kota Solo, Tunjung W Sutirto berharap, GPH Bhre mampu memimpin Puro Mangkunegaran dengan perkembangan zaman saat ini dan tanpa meninggalkan tradisi Mangkunegaran.

"Jadi, pemimpin Mangkunegaran ke depan dengan aspirasi dan inspirasi sesuai zamannya. Salah satu pendekatannya dapat dengan momong semua warga di lingkungan Pura," kata Tunjung, Selasa (1/3/2022).

Selain itu, GPH Bhre juga diharapkan merekatkan kembali isu ketidakharmonisan sebelum pengumuman dirinya sebagai KGPAA Mangkunegara X.

"Selain itu, bisa menjadi pimpinan alternatif di saat ada ketidakharmonisan di tengah-tengah masyarakat bangsa," ujar dia.

Rencananya, GPH Bhre akan dikukuhkan dengan tata cara adat Jumeneng Dalem pada Sabtu (12/3/2022).

"Harapannya, dengan telah ditetapkannya Gusti Bhre sebagai penerus dapat membawa Pura Mangkunegaran semakin disengkuyung masyarakat, terutama Jawa," ujar dia.

Sebelumnya, GPH Bhre dipercaya untuk mengawasi revitalisasi Puro Mangkunegaran, seperti Ndalem Ageng, Pringgitan, Ndalem Prangwedanan, Reksa Pustaka dan Lanskap.

Adapun revitalisasi Pura Mangkunegaran diperkirakan menghabiskan anggaran sebesar Rp 18 miliar bersumber dari bantun pemerintah.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/01/174020678/pemerhati-budaya-solo-gph-bhre-cakrahutomo-harapan-baru-mangkunegaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke