Salin Artikel

Tambang Emas Ilegal Ancam Sumber Air Bersih, Direktur PDAM Bengkayang Kalbar Minta Pelaku Ditangkap

Akibatnya, sedikitnya 35.000 pelanggan terancam terdampak merkuri.

Berbagai upaya penanganan serta pencegahan untuk menghentikan aktivitas ilegal tersebut telah dilakukan. Mulai dari dialog dengan warga setempat, hingga digelar upacara adat, namun aktitivas penambangan masih dilakukan.

Direktur PDAM Bengkayang, Wardi Sidanggek meminta aparat melakukan tindak tegas terhadap oknum pelaku.

"Kami minta pihak terkait menindak tegas oknum pelaku tambang ilegal di wilayah hulu Intake Madi," kata Wardi saat dihubungi, Selasa (1/3/2022).

Menurut Wardi, sebelumnya telah dilakukan kesepakatan bersama masyarakat setempat melalui ritual adat. Dalam kesepakatan tersebut, jika masih beraktivitas, maka dilakukan penindakan hukum.

"Sesuai kesepakatan bersama, saat ritual adat, para penambang, jika masih mengulangi perbuatannya, ditindak tegas oleh pihak yang berwenang," tegas Wardi.

Selain upaya hukum, lanjut Wardi, pihaknya juga melakukan perjanjian kerja sama dengan Denzipur TNI, memasang pagar di sekeliling lokasi sumber air bersih, menggelar sosialisasi dengan masyarakat, memasang lampu penerangan di pos jaga dan rumah instalasi pegolahan air (IPA).

“Kami juga embuat imbauan larangan PETI di Hulu Intake Madi dan juga menindaklanjuti setiap permasalahan pencemaran dengan melaporkan secara lisan dan tertulis ke pemerintah daerah dan kepolisian,” tutup Wardi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bengkayang Iptu Ambril mengaku lokasi aktivitas tambang sulit dijangkau. Dari Intake Madi, sekitar 2 jam jalan kaki.

"Jalannya melewati hutan, berbukit dan terjal. Selain itu, banyak jalan tikus dan para pelaku lebih mengerti lokasi,” kata Ambril.

Menurut Ambril, Intake Riam Madi sebagai sumber air bersih bagi lebih dari 35.000 jiwa pelanggan merupakan objek vital yang harus tetap selalu dijaga.

Maka dari itu, pihaknya bersama tim gabungan yang terdiri dari TNI, Satpol PP, dan pemerintah daerah akan terus menggelar patroli dan tidak akan segan mengambil langkah hukum.

“Di sana itu sumber air bersih. Objek vital. Janganlah dicemari dengan aktivitas tambang, yang bahkan dapat merugikan masyarakat itu sendiri,” ucap Ambril.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/01/144512878/tambang-emas-ilegal-ancam-sumber-air-bersih-direktur-pdam-bengkayang-kalbar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke