Salin Artikel

Sosok Paman Presiden Jokowi di Mata Gibran Rakabuming Raka dan Kerabat

SOLO, KOMPAS.com - Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan sosok kakek Miyono Suryo Sarjono (82), paman dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dekat dengan Bapak (Jokowi), yang mengajari permebelan beliau," kata Gibran setelah prosesi pemakaman di Makam Dusun Mundu, Desa Selokaton, Kabupaten Karanganyar, Senin (28/2/2022).

Gibran menambah, dirinya dan almarhumah Miyono sudah lama tidak bertemu, sehingga tidak meninggalkan pesan atau kenangan khusus dengannya.

"Ketemunya sudah lama," ujar dia.

Selama proses pemakaman, Gibran Rakabuming Raka tiba bersama rombongan, termasuk dengan Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan kerabat lainnya.

Gibran mengatakan, proses pemakaman seperti biasanya, tidak ada ritual khusus setelah tiba di area pemakaman langsung dimakamkan.

"Prosesi pemakaman seperti biasanya standar," ujar dia.

Di sela-sela proses pemakaman, Gibran terlihat berbincang dengan Presiden Jokowi.

"Pesan (Presiden Jokowi) banyak, ngobrol banyak tadi," lanjut dia.

Meski demikian, Gibran belum mau membeberkan apa pesan yang dia dapatkan dari bapaknya itu.


Sementara itu, Setiyawan Prasetyo, adik dari Miyono Suryo Sarjono mengatakan kakak tertua merupakan sosok yang pekerja keras dan dermawan.

"Kakak kami tertua, baik sekali bisa membantu adik-adiknya termasuk saya. Pekerja keras hingga saat sakit masih kerja," kata Setiyawan kepada Kompas.com, setelah prosesi pemakaman.

Setiyawan menambah, Miyono telah menggeluti permebelan sejak sekitar umur 21 tahun dan hingga diakhiri hayatnya berhubungan baik dengan Presiden Jokowi.

"Bagus sekali, hubungan baik selama ini. Saat (Miyono) sakit sering menjenguk sampai kemarin beliau (Jokowi) yang menyarankan untuk dirawat lagi," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/28/143441778/sosok-paman-presiden-jokowi-di-mata-gibran-rakabuming-raka-dan-kerabat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke