Salin Artikel

Kecelakaan Maut Kereta Vs Xenia di Banyumas, 1 Tewas

BANYUMAS, KOMPAS.com - Kecelakaan maut antara mobil Daihatsu Xenia dengan Kereta Api (KA) Bangunkarta terjadi di perlintasan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (23/2/2022).

Kecelakaan tersebut tepatnya terjadi di JPL 495 (perlintasan resmi dijaga swadaya oleh warga) km 413+2/3 petak Stasiun Kemranjen-Sumpiuh sekitar pukul 11.31 WIB.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi mengatakan, peristiwa tersebut bermula saat Xenia dengan nomor polisi B 1559 ZFY yang berisi empat orang melaju dari arah selatan menuju utara.

"Pada saat KA Bangunkarta akan melintas dari arah timur di JPL 495 ada mobil yang menerobos penjagaan dari warga," kata Ayep, kepada wartawan, Rabu.

Menurut Ayep, sebelum kejadian pengemudi mobil, Widiyono Pramono (57), warga Desa Sibrama, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, telah diperingatkan agar tidak melintas.

"Sebelumnya sudah diperingatkan warga sekitar dan pengendara lain, tetapi tidak dihiraukan," kata Ayep.

Ayep mengatakan, masinis sempat membunyikan semboyan 35.

Namun, karena jarak yang sudah dekat akhirnya kecelakaan tersebut tidak terhindarkan.

Akibatnya, satu orang penumpang mobil, Supardi (40) warga Desa Sibrama, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, tewas dan dan tiga lainnya, termasuk sopir selamat.

Selain itu, seorang penjaga perlintasan juga turut menjadi korban dalam peristiwa itu sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/23/134244878/kecelakaan-maut-kereta-vs-xenia-di-banyumas-1-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke