Salin Artikel

Kebakaran di Aceh Tengah, 9 Rumah Warga Hangus Terbakar

TAKENGON, KOMPAS.com - Sebanyak 9 Rumah warga di Kampung Owaq, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, hangus dilalap api pada Senin (22/2/2022) malam.

Reje Kampung atau Kepala Desa Kampung Owaq, Mahmudin Mahmud mengatakan, peristiwa kebakaran berlangsung sekitar pukul 21.50 WIB.

Peristiwa itu diketahui setelah adanya teriakan dari warga yang rumahnya terbakar.

"Kebakaran terjadi saat warga sedang berkumpul di setiap rumah yang terbakar itu," kata Mahmudin kepada Kompas.com, Senin malam.

Dikatakannya, warga yang panik langsung keluar rumah dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Sebab pemadam kebakaran berada di lokasi yang relatif jauh sekitar dua jam untuk tiba di Kampung Owaq.

"Jumlah rumah yang terbakar itu mencapai sembilan unit, termasuk rumah Ketua Rakyat Genap Mupakat (RGM) Kampung Owaq," sebutnya.

Dalam peristiwa ini, Mahmudin mengatakan, tak ada korban jiwa.

"Alhamdulillah tidak ada laporan korban jiwa, penghuni rumah tidak dapat menyelamatkan apapun, kecuali kendaraan," ujarnya.

Mobil pemadam kebakaran kemudian tiba sekitar satu jam setelah api membakar rumah di kampung tersebut.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah Ishak mengatakan pihaknya menerjunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran untuk membantu memadamkan api.

"Kita menerjunkan sebanyak tiga unit armada pemadam kebakaran ke lokasi saat mendapatkan informasi adanya kebakaran, namun api cepat membesar karena rumah tersebut kebanyakan berkonstruksi kayu," kata Ishak dikutip dari Antara, Selasa (22/2/2022).

Ia mengatakan warga yang terdampak kebakaran tersebut saat ini terpaksa harus mengungsi sementara karena kehilangan tempat tinggal.

Pihaknya pun mendirikan posko darurat di lokasi untuk tempat pengungsian sementara.

"Hari ini kita juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk menyalurkan bantuan masa panik kepada keluarga yang tertimpa musibah. Bantuan masa panik tersebut merupakan salah satu bagian untuk membantu meringankan mereka yang terdampak musibah," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/22/165840978/kebakaran-di-aceh-tengah-9-rumah-warga-hangus-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke