Salin Artikel

KSAD Dudung Terima Gelar Adat Sasak "Prawireng Jayeng Bhuwane"

Gelar diberikan oleh Ketua Adat Sasak H. Lalu Wiratmaja (Mamik Ngoh) di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Senin (21/2/2022).

Gelar ini merupakan penganugerahan gelar tertinggi bagi masyarakat suku Sasak, yang diberikan kepada Dudung.

Gelar 'Prawireng Jayeng Bhuwane' dinilai pantas diberikan kepada Dudung karena tugasnya dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, dan melindungi bangsa dan negara.

"Kami ucapkan selamat datang di NTB Pak Jenderal Dudung, semoga membawa keberkahan bagi kita semua," Kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam keterangan tertulis, Selasa (22/2/2022).

Zul mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi NTB dan masyarakat di Pulau Lombok merasa bangga dan menjadi suatu kehormatan bahwa Dudung bersedia menjadi warga Sasak.

Sudah menjadi tradisi masyarakat Sasak, kata dia, setiap menerima kunjungan tamu kehormatan, selalu diiringi penyambutan dengan tarian Gendang Beleq dan penganugerahan gelar adat Sasak kepada beberapa tamu kehormatan.

Penganugerahan gelar tersebut, ditandai dengan penyerahan sebilah keris (senjata tradisional Suku Sasak) dan piagam dari Majelis Adat Sasak oleh Ketua Adat Sasak kepada Dudung.

Adapun, Dudung menyampaikan rasa terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan dari Majelis Adat Sasak yang memberikan gelar Prawireng Jayeng Bhuwane.

“Saya baru datang di Lombok hari ini dan diberikan gelar kehormatan. Ini merupakan kebanggaan dan saya akan berbuat sebaik-baiknya untuk kemajuan wilayah NTB,” kata Dudung.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/22/161538878/ksad-dudung-terima-gelar-adat-sasak-prawireng-jayeng-bhuwane

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke