Salin Artikel

Stok Minyak Goreng Langka di Pematangsiantar, Pemkot Gelar Pasar Murah

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Pematangsiantar menggelar pasar murah untuk menjangkau daya beli masyarakat di tengah keterbatasan stok minyak goreng di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Pasar murah untuk minyak goreng itu dimulai pada Rabu (16/2/2022).

Plt Kepada Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Pematangsiantar, Elpina Turnip mengatakan, pihaknya akan memulai pasar murah di masing-masing kantor kecamatan.

Adapun harga minyak goreng kemasan tersebut dijual dengan harga Rp 14.000 dan Rp 24.000 ribu per liter, dengan syarat membawa KTP.

"Rencana kita akan salurkan mulai besok (hari ini) di delapan kecamatan. Kita sifatnya hanya operasi pasar, bukan berdagang. Ada maksimal pembelian yaitu 2 liter per orang," kata Elpiana, Rabu.

Selama 5 hari ke depan, pembelian minyak goreng dapat dilakukan di kantor kecamatan pada jam kerja.

"Pasar murah yang kita lakukan untuk pertama kali setelah pemerintah menetapkan harga Rp 14 ribu per liter. Ke depannya, kita berusaha melakukan pasar murah lagi menjelang lebaran," ujarnya.

Kelangkaan minyak goreng 

Diberitakan sebelumnya, stok minyak goreng di Kota Pematangsiantar mulai menipis.

Akibatnya, minyak goreng di ritel modern dan pasar tradisional sering mengalami kelangkaan.

Elpina mengatakan, hal itu karena perusahaan minyak goreng menyalurkan pasokan dalam jumlah sedikit.

"Hasil survei kami di lapangan stok minyak goreng dari perusahaan yang sedikit. Seperti kemarin di Suzuya (ritel modern) stok mereka sepersepuluh stok minyak mereka yang datang," ujar Elpina dihubungi Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Selain pada ritel modern, minyak goreng di pasar pasar tradisional maupun di warung harganya masih tinggi.

"Di pasar tradisional harga minyak goreng masih tinggi. Alasan mereka (pedagang) karena modal. Dalam (aturan) Kemendag itu masih diberi waktu satu bulan, setelah itu baru bisa kita tindak," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/17/081019578/stok-minyak-goreng-langka-di-pematangsiantar-pemkot-gelar-pasar-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke