Salin Artikel

Puan soal IKN Dipindah ke Kaltim: Pemerataan Pembangunan yang Tidak Jawa Sentris

SAMARINDA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi lokasi ibu kota negara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (16/2/2022).

Puan mengungkapkan pemindahan IKN ke Kaltim sudah melalui pertimbangan matang. Keputusan ini diambil melalui kajian dari berbagai aspek.

"Kenapa dibangun di Kaltim, tentu saja sudah melalui pemikiran dan keputusan enggak main-main. Salah satu yang ku tangkap adalah pemerataan pembangunan yang tidak Jawa sentris," ungkap Puan, kepada awak media di sela kunjungannya, Rabu.

Dengan demikian, kata Puan, membuktikan bahwa negara hadir bukan hanya di Pulau Jawa tapi juga di wilayah lain di Indonesia. 

"Kita baru pertama kali ini (pindah IKN) sejak merdeka punya kesempatan bangun IKN baru, yang kemudian akan jadi IKN yang ideal bagi bangsa kita ke depan. Wajah kemajuan Indonesia yang akan dikagumi oleh negara luar," terang Puan.

Nantinya, menurut Politisi PDI-P ini, wajah IKN Nusantara yang dibangun di Kaltim akan berbeda dengan IKN yang ada di DKI Jakarta. 

Puan menuturkan, IKN Nusantara dibangun dengan konsep smart dan green serta terintegrasi sehingga akan terlihat modern.

Konsep kota ini yang diinginkan ke depan dengan ramah lingkungan, modern dan menjaga lingkungan alam sekitar.

"Tentu saja ini satu kesempatan bagi kita gotong royong membuktikan bahwa IKN akan bisa dibangun dari awal sesuai kebutuhan," terang dia.

Puan menuturkan, pembangunan IKN akan memerlukan waktu panjang. Untuk itu dibangun bertahap sesuai dengan kebutuhan dalam beberapa klaster.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/16/210106078/puan-soal-ikn-dipindah-ke-kaltim-pemerataan-pembangunan-yang-tidak-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke