Salin Artikel

Gibran Tanggapi Pelepasan Lampion Imlek di Kawasan Pasar Gede dan Balai Kota Solo: Kurangi Kerumunan

Pelepasan lampion Imlek dilakukan pada Selasa (15/2/2022) malam tersebut guna mengurangi kerumunan di kawasan tersebut.

"Mengurangi kerumunan. Kasusnya baru naik," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Rabu (16/2/2022).

Pada perayaan tahun baru Imlek tahun-tahun sebelumnya, lampion di Kawasan Pasar Gede dipasang hingga akhir bulan atau sebulan penuh.

Namun, selama dua tahun terakhir tepatnya sejak pandemi Covid-19, tidak ada pemasangan lampion di Kawasan Pasar Gede.

Pemasangan lampion Imlek tersebut baru dimulai kembali pada akhir Januari 2022. Pertimbangannya karena kasus Covid-19 di Solo menurun.

"Mengurangi kerumunan. (Dilepas) karena kasus naik. Pas (lampion) nyala semua ramainya kayak gitu. Yang penting Cap Go Meh sudah selesai," terang Gibran.

Ketua Panitia Imlek Bersama 2022 Solo, Sumartono Hadinoto mengatakan alasan melepas semua lampion di Kawasan Pasar Gede dan Balai Kota agar tidak menimbulkan kerumunan.

Pihaknya tidak ingin dengan masih dipasangnya lampion tersebut justru akan memunculkan klaster penularan dan penyebaran Covid-19.

"Nanti nak didiamkan terus malah jadi klaster (penularan). Nanti kita nyalakan terus malam kita lepas semua lampion itu," kata Sumartono.

Sedianya, lampion Imlek tersebut terpasang di kawasan Pasar Gede dan Balai Kota sampai akhir Februari 2022.

Namun, melihat penyebaran kasus di Solo yang tinggi dan menimbulkan kerumuan, pihaknya memilih untuk melepas lampion-lampion tersebut.

"Tidak sampai akhir bulan. Sudah risiko sekali. Nanti malah kasusnya meningkat. Sementara klasternya (Solo) masih dari sekolah," ungkap dia.

"Nanti malam (lampion) kita lepas di Balai Kota dan Pasar Gede. Tapi kalau yang di Pucangsawit (kediaman mantan Wali Kota Solo) tidak tahu dilepas atau tidak," terang Sumartono.

Berdasarkan data kasus Covid-19 Solo hingga Selasa (15/2/2022) terdapat penambahan 219 kasus dengan total komulatif sebanyak 28.279 kasus.

Kemudian pasien sembuh 25.331 orang, isolasi 1.793 orang, rawat inap rumah sakit 54 orang dan meninggal 1.101 orang.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/16/172540278/gibran-tanggapi-pelepasan-lampion-imlek-di-kawasan-pasar-gede-dan-balai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke