Salin Artikel

Kasus Covid-19 Bertambah 528, Gubernur Sulut: Kita Perbanyak Tempat Isolasi dan Percepat Vaksinasi

Mengantisipasi peningkatan kasus yang signifikan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut telah melakukan beberapa skenario, di antaranya memperbanyak tempat isolasi terpadu dan mempercepat vaksinasi booster maupun dosis satu dan dua.

"Pemerintah dalam rangka penanganan Omicron supaya tidak melebar jauh-jauh, kita perbanyak tempat-tempat isolasi terpadu," kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat diwawancara wartawan, Selasa.

Untuk memperbanyak tempat isolasi terpadu, kata Olly, Pemprov Sulut telah melakukan kerja sama dengan Kodam XIII/Merdeka.

"Tadi kan kita sudah resmikan. Kerja sama dengan Kodam, ada dua tower lebih 200 tempat tidur bisa kita pakai supaya kita bisa karantina di situ," ujar Olly.

"Di Bitung juga kerja sama dengan Kodam ada 100 tempat tidur, supaya orang dari kapal yang kena (terkonfirmasi positif Covid-19) langsung masuk (isolasi) situ. Kalu sini (Manado) dari pesawat kena kita isoter di situ. Itu cara penanganan pertama," tambah Olly.

Untuk penanganan kedua, lanjut Olly, Pemprov mempercepat program vaksinasi, baik booster maupun dosis satu dan dua.

"Pemerintah dan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sulut, mulai besok kita ada rapat untuk percepatan booster dan vaksinasi pertama maupun kedua," sebutnya.

Olly menuturkan, menurut para dokter-dokter yang biasa menangani Covid-19, warga yang sudah vaksin kalau terjangkit virus corona tidak berat dampaknya.

Sedangkan, bagi warga yang belum vaksin kalau terdampak itu berat.

"Jadi lebih baik vaksin daripada tidak vaksin. Kita mengimbau masyarakat marilah sama-sama kita menangani Omicron di Sulut agar supaya ekonomi bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan," imbau Olly.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sulut, per tanggal 15 Februari 2022, ada penambahan 528 kasus Covid-19.

Penambahan 528 kasus baru ini membuat jumlah total kasus positif Covid-19 di Sulut menjadi 37.744 orang.

"Jumlah yang sembuh bertambah 85 pasien, sehingga total sudah ada 33.923 pasien yang sembuh dari corona di Sulut," kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Daerah Sulut Mery Pasorong.

Sementara yang meninggal hari ini ada satu orang. Total meninggal karena Covid-19 di Sulut mencapai 1.049 orang.

Sedangkan kasus aktif sebanyak 2.772 orang, ada penambahan 442 kasus.

Untuk capaian kumulatif vaksinasi Covid-19 di Sulut telah mencapai 3.017.299 orang. Jumlah ini sudah termasuk dosis satu, dua, dan tiga.

Dosis satu sebanyak 1.769.398 atau 78,19 persen. Dosis dua 1.181.750 atau 54,24 persen, dan dosis tiga 66.151 atau 3,60 persen.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/16/140819578/kasus-covid-19-bertambah-528-gubernur-sulut-kita-perbanyak-tempat-isolasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke