Salin Artikel

Tertabrak Truk Mundur, Ini Kronologi Kecelakaan Bus Peziarah di Lamongan, Ada 18 Orang Terluka

Kecelakaan tersebut mengakibatkan 18 orang yang sebagian besar penumpang bus terluka.

Peristiwa tersebut berawal saat bus yang membawa rombongan 30 peziarah asal Desa Gunungmenyan, Kabupaten Bogor melintas di jalur tersebut pada Selasa malam sekitar pukul 18.45 WIB.

Saat melewati tanjakan, di depan bus ada truk tronton dengan nopol H 1587 VL yang dikemudikan Riko Setyo Budi (27).

Truk tersebut ternyata tak kuat menanjak dan mundur. Di saat bersamaan melaju bus mini yang membawa peziarah Wali Songo dari Kabupaten Bogor yang dikendarai Jainudin.

Kecelakaan pun tak bisa dihindari. Bagian belakang truk menghantam bagian depan bus mini.

"Akibatnya, 18 penumpang mengalami luka, dengan delapan orang di antaranya harus dirujuk ke RSUD dr Soegiri Lamongan," ucap Kanit Gakkum Satlantas Polres Lamongan Iptu Anang Purwo, Rabu (16/2/2022).

Sementara penumpang lainnya dibawa ke Puskesma Brondong untuk mendapatkan perawatan luka ringan.

Selain korban luka, kedua kendaraan juga mengalami kerusakan dan harus dievakuasi.

"Saat ini, korban yang mengalami luka ringan sudah mulai dijemput oleh keluarganya. Sementara delapan korban yang mengalami patah tulang, dirawat di RSUD dr Soegiri Lamongan," tutur Anang.

Truk tersebut melaju dari arah barat ke timur dan tak kuat saat melintas di tanjakan Dusun Belik. Sang sopir mengaku, kalau tiba-tiba mesin mati dan stir terkunci.

Upaya untuk mengendalikan truk tidak berhasil hingga kendaraan yang dikemudikannya itu berjalan mundur dan menabrak bus rombongan ziarah wali

Menurut Aristianto, kejadian ini masih dalam penyelidikan polisi, truk tronton mundur itu apa karena rem blong atau karena sebab lain.

"Kalau menurut pengemudi truk sih mengaku tiba-tiba mesin mati dan setir terkunci. Kemudian berjalan mundur," kata Aristianto.

Bangkai truk yang sudah diamankan masih dalam pemeriksaan polisi. Sementara pihaknya telah menyiapkan kendaraan bus untuk 23 penumpang selamat yang hendak kembali ke Bogor.

"Jadi kita siapkan bus untuk rombongan yang mau balik ke Bogo," katanya.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Hamzah Arfah | Editor : Dheri Agriesta), Tribun Jatim

https://regional.kompas.com/read/2022/02/16/123300978/tertabrak-truk-mundur-ini-kronologi-kecelakaan-bus-peziarah-di-lamongan-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke