Salin Artikel

Viral Video Awan Membentuk Ombak di Langit Pelabuhan Merak, Ini Penjelasan BMKG

CILEGON, KOMPAS.com - Sebuah video memperlihatkan gumpalan awan pekat di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten viral di media sosial.

Dalam video yang dilihat Kompas.com di salah satu akun media sosial Instagram memperlihatkan awan berwana hitam membentuk seperti gulungan ombak di langit Pelabuhan Merak.

Diketahui, fenomena tersebut terjadi pada Senin (14/2/2022) sekitar pukul 06.00 WIB.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi BMKG Serang Tarjono mengatakan, awan seperti gulungan ombak yang terjadi pagi tadi di Pelabuhan Merak biasa terjadi. Meskipun frekuensinya jarang.

'Secara ilmiah dalam dunia Meteorologi, awan tersebut dinamakan awan Arcus. Awan ini dapat dijumpai di antara awan Cumulonimbus dan Cumulus. Awan Arcus lazim terjadi," kata Tarjono saat dihubungi Kompas.com melalui pesan WhatsApp. Senin.

Dijelaskan Tarjono, awan Archs terbentuk dari ketidakstabilan atmosfir disepanjang masa udara yang lebih dingin dengan masa udara yang lebih hangat dan lembab.

Sehingga, kata Tarjono, membentuk tipe awan yang horizontal dan memanjang seperti gelombang atau ombak.

"Pada awan ini berpotensi menimbulkan angin kencang, hujan lebat dan petir disekitar pertumbuhan awan," ujar Tarjono.

Menurut Tarjono, kemunculan awan tersebut  murni merupakan fenomena pembentukan awan yang terjadi akibat kondisi dinamika atmosfer.

Tarjono menghinbau kepada masyarakat agar tetap tenang karena fenomena tersebut tidak menyebabkan terjadinya bencana alam.

"Tidak ada kaitannya dengan akan terjadi gempa bumi," tegas Tarjono.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/14/192227078/viral-video-awan-membentuk-ombak-di-langit-pelabuhan-merak-ini-penjelasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke