Salin Artikel

Kata Warga soal Sosok Terduga Teroris yang Ditangkap di Sukoharjo: Orangnya Baik

Menurut warga, Luri Sumiyati (46), R sudah sekitar tiga tahun tinggal di RT 002, RW 006 Dukuh Ngunut.

"Sudah KK sini. Dia tinggal di rumah sini peninggalan dari ibunya. Itu (rumahnya) pemberian dari ibunya," kata Luri yang juga istri Ketua RT 002, RW 006 Ngunut, Bentakan, Baki ketika ditemui di rumahnya, Senin (14/2/2022).

Selama ini, R dikenal baik. Bahkan, R selalu memberikan masukan yang membangun terkait kemajuan kegiatan keagamaan di masjid.

R juga selalu membantu memberikan takjil untuk berbuka puasa terhadap anak-anak TPQ di masjid setiap Ramadan.

"Orangnya baik. Kemarin pas ada undangan TPQ dia (R) ngasih saran, masukan itu mengundang saya juga. Baiknya TPQ itu diginikan, gitu. Jadi ngasih saran yang bagus-bagus," kata Luri.

Aktivitas kehidupan R di Ngunut juga dianggap seperti warga pada umumnya. Tidak pernah ada kegiatan mencurigakan di rumah R.

Setiap hari R membantu orangtuanya sebagi perajin mebel. Selain itu, ia juga membantu istrinya berjualan makanan ringan di rumah.

"R kaya orang biasa. Dia berangkat kerja jam 8 pulang jam 4 sore. Dia juga selalu menyapa warga yang melintas di depan rumahnya," terang dia.


Luri mengatakan tidak ada warga yang mengetahui waktu pasti R ditangkap Densus 88.

"Tahu-tahu tadi pagi kaget rumah R digeledah. Saya tidak tahu izinnya penggeledahan. Tapi dari Pak Sriyono (Kadus) nyari saya sama bapak. Karena tidak ada beliau yang bertanggung jawab menyaksikan penggeledahan," ungkap Luri.

Salah satu saudara R, Didit mengaku terkejut R ditangkap Densus 88 Antiteror. Selama ini, R dikenal baik kepada warga Dukuh Ngunut.

"Iya, terkejut ada penangkapan itu. Selama ini tidak ada tamu mencurigakan. R baik kepada warga sekitar," terang pria yang rumahnya berdampingan dengan rumah R.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris asal Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (14/2/2022) pukul 10.00 WIB.

Penggeledahan itu buntut dari penangkapan seorang terduga teroris R, warga Ngunut, Baki, Sukoharjo.

Dalam penggeledahan tersebut, Polres Sukoharjo menerjunkan personel untuk melakukan pengamanan di lokasi.

"Kita hanya mengamankan dari luar. Yang menggeledah ke dalam rumah (terduga teroris) dari Densus 88," ungkap Kapolres Sukohaejo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/14/164210078/kata-warga-soal-sosok-terduga-teroris-yang-ditangkap-di-sukoharjo-orangnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke