Salin Artikel

2 Kelompok Buruh Bongkar Muat yang Bentrok di Kalbar Berdamai

Kedua kelompok buruh tersebut tergabung dalam Koperasi Mitra Jaya Perkasa (MJP) dan Koperasi Tenaga Kerja Khusus Bongkar Muat (TKKBM).

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, perjanjian damai tertuang dalam nota kesepakatan yang ditandatangani kedua belah pihak.

"Kita mencari jalan yang terbaik melalui dialog. Diharap kedua belah pihak tidak mengulangi aksi kekerasan dan gangguan keamanan. Sebab dapat menggoncang iklim investasi dan usaha yang sudah baik,” kata Muda kepada wartawan, Kamis (10/2/2022).

Muda harap, seluruh masyarakat lebih banyak mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan saat melakukan tindakan-tindakan merugikan.

"Kita saat ini sedang fokus di pemulihan ekonomi. Dan salah satu syarat pemulihan ekonomi nasional adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ucap Muda.

Perwakilan Koperasi TKKBM Apriyanto mengaku bersyukur telah dilakukan mediasi dan berharap kesepakatan yang sudah ada dipatuhi.

"Kita berdamai dan berharap tetap kondusif," kata Apriyanto.

Sementara itu, perwakilan Koperasi MJP, Robi memastikan pihaknya mematuhi arahan pemerintah daerah dalam menentukan mekanisme kerja.

“Kami patuh dengan pemerintah daerah. Kami akan tetap memperjuangkan hak-hak buruh di Kubu Raya," tutup Robi.


Sebelumnya, dua kelompok buruh bongkar muat terlibat bentrok di Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (9/2/2022).

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold Kumontoy mengatakan, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam bentrok tersebut dan situasi sudah kondusif.

Jerrold menerangkan, bentrokan antara dua kelompok massa terkait sistem kerja buruh yang belum disepakati kedua belah pihak.

Di mana sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya membentuk koperasi baru, yakni Koperasi Mitra Jaya Perkasa (MJP) yang menaungi buruh bongkar muat.

“Jadi ada dua koperasi, yang masih belum ada titik temu. Persoalan ini sudah lama, sudah diproses Pemkab Kubu Raya,” ucap Jerrold. 

https://regional.kompas.com/read/2022/02/10/184257178/2-kelompok-buruh-bongkar-muat-yang-bentrok-di-kalbar-berdamai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke