Salin Artikel

Prokes Mulai Kendor, Sumsel Alami Lonjakan Kasus Covid-19

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat, terjadi lonjakan kasus Covid-19 sejak satu pekan terakhir.

Padahal, kasus Covid-19 di Sumsel mulai melandai sejak Oktober 2021 sampai Januari 2022. Namun, memasuki Februari 2022 terjadi lonjakan kasus.

Bahkan, pada Sabtu (5/2/2022) terjadi penambahan 183 orang yang terkonfirmasi terpapar Covid-19.

Adapun wilayah sebaran tertinggi adalah Kota Palembang dengan jumlah 132 orang terpapar virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nuraini mengatakan, kembali meningkatnya jumlah kasus tersebut karena masyarakat yang mulai kendor menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Sehingga, mereka pun akan kembali gencar mengimbau warga untuk kembali menerapkan prokes secara ketat.

"Kita pernah dalam sehari tidak ada kasus, kalau pun ada satu sampai sepuluh saja. Tapi sekarang naik lagi karena prokes kita sekarang mulai kendor. Jadi harus diketatkan lagi," kata Lesty, Senin (7/2/2022).

Dengan adanya lonjakan kasus tersebut, Pemprov Sumsel belum mengambil langkah untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Kami masih mengkaji opsi tersebut dan melihat perkembangan kasus dalam beberapa waktu ke depan," ujarnya.

Selain itu, seluruh tempat keramaian dan penyelenggara kegiatan diminta untuk menerapkan prokes agar penyebaran virus pun dapat dicegah sehingga tak ada lagi penularan.

"Pintu masuk keramaian harus menggunakan aplokasi peduli lindungi agar bisa mengetahui berapa jumlah kapasitas yang ada. Panitia juga harus menjamin prokes yang baik," ujarnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Pemprov Sumsel pada Minggu (6/2/2022), Sumsel mengalami penambahan kasus sebanyak 155 orang yang terpapar virus Corona.

Sehingga, total kasus positif kini menjadi 6.821 orang, kemudian, kasus sembuh bertambah sebanyak 27 orang dengan total sembuh 56.979 orang.

Sedangkan kasus meninggal tak ada penambahan, dengan jumlah 3.084 orang.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/07/182357878/prokes-mulai-kendor-sumsel-alami-lonjakan-kasus-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke