Salin Artikel

Kasus Covid-19 Melonjak Tajam, Pemkot Ambon Kembali Buka Asrama Haji untuk Lokasi Karantina

AMBON,KOMPAS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah menyiapkan Asrama Haji Waiheru Ambon untuk dijadikan sebagai lokasi karantina pasien Covid-19.

Langkah itu diambil menyusul terjadinya lonjakan kasus baru dalam sepekan terakhir.

Sejak 24 Januari hingga 6 Februari 2022, kota Ambon telah mencatat 728 kasus konfirmasi positif, dengan dua orang di antaranya meninggal dunia.

“Kita sudah koordinasi dengan Asrama Haji untuk menjadi tempat penampungan pasien positif. Kita akan siapkan fasilitas disitu dan tenaga medis selalu siaga,” kata Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse di sela-sela Pembukaan Persidangan ke-40 Jemaat GPM Lateri di Gereja Lahai Roi, Minggu (6/2/2022).

Dia menjelaskan, Pemkot Ambon sangat serius melihat situasi dan perkembangan kasus konfirmasi positif yang meningkat secara signifikan. 

Sejumlah kebijakan pun telah diambil dalam upaya pencegahan penyebaran virus tersebut.

Selain tempat isolasi terpusat, operasi yustisi juga akan terus digalakkan untuk mengingatkan masyarakat ahar tetap disiplin terhadap protokol kesehatan, serta aturan PPKM Level 2 sebagaimana tertuang dalam Instruksi Wali Kota Nomor 3 Tahun 2022.

“Tim Satgas akan diberdayakan lagi. Operasi Yustisi kita gencarkan lagi, bahkan hingga di dalam angkutan kota,” ujarnya.

Agus mengungkapkan, Kota Ambon mendapat perhatian khusus dari Presiden Joko Widodo terkait peningkataan kasus. Oleh sebab itu semua hal perlu dilakukan untuk mempersempit ruang gerak penyebaran Covid-19.

“Termasuk untuk ASN Pemkot, apabila kembali dari tugas luar daerah wajib swab PCR. Sambil menunggu hasilnya mereka berkantor dari rumah, sehingga kita betul-betul menghindari ini,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/06/230250978/kasus-covid-19-melonjak-tajam-pemkot-ambon-kembali-buka-asrama-haji-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke