Salin Artikel

Foto AHY Dibakar Simpatisan Jefri Riwu Kore di Kupang, Begini Sikap DPP Demokrat

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Benny K Harman mengatakan, pihaknya tidak menoleransi perilaku sejumlah simpatisan Wali Kota Kupang Jeriko yang membakar foto AHY.

Menurut Benny, jika fotonya yang diinjak-injak ataupun dibakar, dia malah senang. Namun berbeda jika yang dihina adalah foto ketua umum.

"Tapi kalau foto ketua umum kita yang tidak punya kesalahan apapun, diperlakukan begitu, saya rasa pada saatnya juga kita akan mengambil langkah yang tegas lagi,” ujar Benny, ketika menyampaikan sambutan pada Acara Konsolidasi Kader DPD Partai Demokrat Nusa Tenggara Timur (NTT) di Gedung Grand Mutiara Kota Kupang, Sabtu (5/2/2022) kemarin.

Benny tidak melarang warga menggelar unjuk rasa karena Demokrat menjunjung hak atas kedewasaan berpendapat.

Namun, dirinya tidak setuju jika kebebasan itu disalahgunakan.

"Ketika hak atas kebebasan itu kita pakai untuk menghina sesama, menghina kita punya pimpinan, dan membakar partai kita,” ujar Benny.

Benny menyebut, penistaan terhadap Partai Demokrat merupakan sebuah tindakan melanggar hukum, tidak bisa dibiarkan.

“Saya rasa kita yang salah apabila kita tidak memberikan reaksi,” kata politisi yang sudah empat periode duduk di kursi DPR RI itu.

Dia juga mempertanyakan para kader demokrat di NTT, yang tidak memberikan reaksi atas tindakan simpatisan tersebut.

“Apabila Bapak Ibu sekalian diam dan tidak marah, maka harus dipertanyakan komitmen dan militansi saudara-saudara sekalian, kecuali itu bagian dari agenda saudara-saudara lakukan,” kata Benny lagi.

Dia pun yakin, penghinaan terhadap AHY bakal mendapat tempat yang layak, yakni menjadi pemimpin di masa mendatang.

“Yang diinjak-injak di tanah Kupang ini akan tiba saatnya memimpin kita semua. Oleh sebab itu, saya bangga mungkin ini jalan Tuhan,” kata Benny.

Untuk diketahui, terhitung sudah dua kali simpatisan Jeriko membakar foto ketua umum DPP Partai Demokrat tersebut bersama atribut partai dalam dua unjuk rasa berbeda, yakni Rabu (4/1/2022) dan kedua, Sabtu (5/2/2022).

Kasus pembakaran foto Agus Harimurti Yudhoyono sudah dilaporkan oleh pengurus Demokrat setempat ke Polda NTT beberapa waktu lalu.

Ketua DPD Partai Demokrat NTT terpilih, Leonardus Lelo, menanggapi dingin aksi demontrasi sejumlah simpatisan dan pendukung Jefri Riwu Kore (Jeriko), saat kegiatan konsolidasi kader Partai Demokrat yang digelar di Grand Mutiara Ballroom Kota Kupang, Sabtu (5/3/2022).

Jeriko merupakan mantan Ketua DPD Demokrat NTT. Dia dikalahkan Leonardus Lelo dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV DPD Demokrat yang diselenggarakan pada Oktober 2021.

"Saya sebenarnya berterima kasih kepada mereka. Demonstrasi yang ada sebagai bentuk dukungan bahwa mereka mencintai partai Demokrat," ujar Leonardus, kepada sejumlah wartawan di Kupang.

Karena itu lanjut Leonardus, jika para pendemo mencintai Demokrat, maka mereka kembali rumah masing-masing untuk introspeksi diri.

"Mereka harus instrospeksi, bahwa partai ini punya mekanisme yang sudah diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, serta peraturan organisasi," kata Leonardus.

Dia pun mengutuk aksi para pendemo yang membakar simbol Partai Demokrat dan menghina Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AYH).

Selain mengutuk lanjut Leonardus, pihaknya telah melaporkan kejadian itu ke aparat kepolisian agar diproses hukum.

Menurut Leonardus, dirinya terpilih sebagai ketua DPD Demokrat NTT, berdasarkan mekanisme partai yang tertuang dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, dan juga peraturan organisasi Nomor 3 Tahun 2021.

"Yang mana, di mana aturan itu, hanya menetapkan calon ketua DPD dengan syarat mendapat dukungan minimal 20 persen. Selanjutnya proper tes dengan Ketua Umum, Sekjen dan Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK). Dan semua keputusan di tangan Ketua Umum. Itu sudah sesuai dengan konstitusi partai," kata dia.

Dia berharap, semua pihak terutama para demonstran bisa memahami itu.

Dalam Musda ke-IV DPD Demokrat lalu, Leonardus Lelo dan Jefri memperebutkan 22 suara dari DPC di seluruh NTT dan satu suara dari DPD.

Leonardus didukung DPC Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flotim, dan Lembata.

Sedangkan yang mendukung Jefri yakni Sabu Raijua, Rote Ndao, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Belu, Sumba Timur, Sumba Tengah dan Alor.

Adapun suara yang tidak berlaku karena telah habis masa jabatannya yaitu dari Malaka, Rote Ndao dan Manggarai Timur.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/06/150035978/foto-ahy-dibakar-simpatisan-jefri-riwu-kore-di-kupang-begini-sikap-dpp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke