Salin Artikel

[POPULER YOGYAKARTA] 18 Sekolah di DIY Ditemukan Siswa Terpapar Covid-19 | Ternak Mati karena Antraks Bertambah

KOMPAS.com - Berikut kumpulan berita harian terpopuler di wilayah Yogyakarta:

1. 18 sekolah di DIY ditemukan siswa terpapar Covid-19

Sebanyak 18 sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdapat beberapa siswanya terpapar Covid-19.

18 sekolah itu tersebar di tingkat SMA, SMK, dan satu SMP.

Dua dari 18 sekolah tersebut meminta penghentian Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, yakni SMA 8 Yogyakarta dan SMAN 2 Bantul.

"18 sekolah, kalau menurut saya ini bukan klaster ya karena yang terpapar hanya satu dua orang. Ketika melakukan skrining tidak serta merta teman sekelasnya positif," kata Didik, Jumat (4/2/2022).

"Jadi nggak bisa dikatakan klaster, belum semua ditutup. Kemarin SMA 8 minta 5 hari tutup," sambungnya.

 

2. Ternak mati karena antraks bertambah

Kasus ternak mati di Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta karena antraks di Kalurahan Gombang, Kapanewon Ponjong pada Jumat (4/2/2022), semakin bertambah.

Kuat dugaan kematian ini karena di lokasi tersebut merupakan daerah zona merah antraks.

Adapun lokasi itu yaitu Kalurahan Gombang di Kapanewon Ponjong dan Kalurahan Hargomulyo di Kapanewon Gedangsari.

"Dini hari tadi (Jumat) saya ditelepon pak Lurah (Gombang) kalau ada sapi mati lagi di Gombang," Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul drh Retno Widyastuti kepada wartawan di Kapanewon Patuk, Jumat.

 

3. Sepekan, Gunung Merapi luncurkan 2 kali awan panas

Selama sepekan, dari tanggal 28 Januari - 3 Februari 2022, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) teramati ada sebanyak dua kali awan panas guguran di Gunung Merapi.

Dua kali awan panas guguran tersebut ke arah barat daya, hulu Sungai Bebeng. Jarak luncur awan panas guguran 2.000 m – 2.500 m.

"Pada minggu ini teramati 2 kali awan panas guguran," ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam laporan aktivitas Gunung Merapi periode 28 Januari 2022- 3 Februari 2022, Jumat (04/02/2022).

Selain itu, selama sepekan juga teramati guguran lava sebanyak 133 kali.

 

4. Kasus Covid-19 di Yogyakarta naik, PTM akan dievaluasi

Seiring meningkatnya kasus Covid-19, Pemerintah DIY mengimbau kepada Kabupaten/Kota untuk melakukan evaluasi terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Tetap kita batasi, kalau untuk anak kecil mungkin kita liburkan," Kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Taman Budaya Gunungkidul (TBG) Sabtu (29/1/2022)

Untuk itu, pihaknya berkoordinasi dengan Kabupaten/kota dan juga Dinas Pendidikan untuk evaluasi PTM.

"Jadi karena ini kasus positif untuk Jogja cukup tinggi, saya sudah koordinasi dengan teman-teman di Kabupaten/kota dan Dinas Pendidikan supaya dievaluasi lagi pembatasan waktu dan pembatasan jumlah saat PTM," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji.

 

Sumber: KOMPAS.com (Penulis: Markus Yuwono, Wijaya Kusuma, Wisang Seto Pangribowo | Editor : I Kadek Wira Aditya, Gloria Setyvani Putri)

https://regional.kompas.com/read/2022/02/06/062000678/-populer-yogyakarta-18-sekolah-di-diy-ditemukan-siswa-terpapar-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke