Salin Artikel

Kota Magelang Kembali Tunda PTM 100 Persen

Semula, Pemerintah Kota Magelang berencana akan menggelar PTM 100 persen pada awal Februari 2022.

"Dari awal kita katakan (PTM 100 persen) melihat situasi. Kalau kondisi begini jelas belum mungkin dilaksanakan. Kita masih PTM terbatas 50 persen dulu," ujar Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz, Kamis (3/2/2022).

Aziz menyatakan, tidak ingin memaksakan dan gegabah membuka PTM 100 persen karena menyangkut keselamatan masyarakat, khususnya siswa dan para pendidik.

Pihaknya tetap mengikuti ketentuan dalam PPKM Level 2 sebagaimana tercantum Instruksi Mendagri (Inmendagri) No 6 tahun 2022 tentang PPKM level 3, level 2 dan level 1 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali, dimulai 1-7 Februari 2022.

"Kita tetap ikuti ketentuan dalam PPKM Level 2," tandasnya.

Kenaikan kasus Covid-19 di wilayahnya membuat Pemkot Magelang lebih menggencarkan uji petik tes usap di sekolah.

Selain itu, juga meningkatkan penelusuran kontak erat (tracing) yang disebut-sebut menjadi penyebab Kota Magelang naik level 2 PPKM.

"Tracing kami dianggap kurang sama pemerintah pusat, jadi kita kejar lagi. Labkes kami dorong untuk gencar. Uji petik kami tingkatkan lagi jadi 10-20 orang tiap sekolah," tandas Aziz.


Aziz yang juga dokter spesialis penyakit dalam itu mengingatkan seluruh stakeholder. 

Masyarakat juga diminta untuk tidak lena, tetap disiplin menjaga prokes pencegahan Covid-19 agar kembali ke PPKM Level 1.

Program Jogo Tonggo di setiap RT/RW akan lebih diaktifkan lagi karena memiliki peran penting terutama dalam pengawasan mobilitas masyarakat.

"Kami sudah instruksikan RT/RW, jika ada pendatang atau tamu dari luar daerah harus tes usap antigen, kita fasilitasi, gratis. Nanti akan dicek di Labkes Kota Magelang," tegas Aziz. 

https://regional.kompas.com/read/2022/02/03/172730478/kota-magelang-kembali-tunda-ptm-100-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke