KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah
Salin Artikel

Relokasi Pasar Johar Kebakaran, Ganjar: Kami Ingatkan Tempat Kerja Dijaga

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengingatkan pentingnya edukasi keselamatan dalam bekerja.

Menurutnya, semangat menjaga keselamatan kerja harus diterapkan siapa pun, kapan pun, dan dimana pun.

“Ini jadi perhatian kita agar seluruh tempat kerja kita pastikan aman dan nyaman,” kata Ganjar, dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (3/2/2022).

Hal itu disampaikan Ganjar saat membahas momen kebakaran Relokasi Pasar Johar Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dalam agenda apel upacara Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2022 di halaman PT Kubota Indonesia, Semarang, Kamis.

Menurut dia, keselamatan kerja dapat dilakukan jika semua pihak memiliki kepedulian dan kesadaran yang sama.

“Kami mengingatkan seluruh tempat kerja betul-betul dijaga dan dicek. Harus ada orang yang melakukan pengecekan rutin. Kebakaran di Pasar Johar itu pasti ada sesuatu artinya terkait keselamatan kerja,” paparnya.

Adapun edukasi terkait potensi kebakaran harus tetap dilakukan, tidak terbatas untuk pekerja di lingkungan industri, tetapi juga masyarakat secara luas.

Sebab, kata dia, awareness atau kesadaran pekerja merupakan hal yang penting. Perlu ada kekompakkan antara pihak manajemen dan pekerja.

“Kalau meletakkan alat mudah terbakar itu bagaimana memberikan peringatan, bagaimana kepedulian. Sehingga kalau sistem bagus, pegawai bagus, komitmen bagus, ya Insya Allah keselamatannya akan terjaga. Edukasi tidak boleh berhenti,” paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/03/16081311/relokasi-pasar-johar-kebakaran-ganjar-kami-ingatkan-tempat-kerja-dijaga

Bagikan artikel ini melalui
Oke