Salin Artikel

Melihat SMAN 1 Tawangmangu, Sekolah Bergaya Futuristik yang Buat Marah Ganjar

Bangunan yang terlihat megah tak seperti bangunan sekolah pada umumnya itu, dibangun dengan lahan sekitar 8.420 meter persegi.

Pekerjaan pembangunan tahap satu gedung dimulai pada Juli 2021 dan selesai pada 5 Desember 2021.

Nilai kontrak pembangunan ini mencapai Rp 5 miliar dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 provinsi Jawa Tengah.

Lantai dua mencakup, satu ruang perpustakaan, lima ruang kelas baru, dua ruang laboratorium, kamar mandi putra putri dan satu mushola.

Sedangkan untuk tahap kedua akan dibangun pada 2022, di lahan yang sama yakni di Desa Beji, Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Pembangunan tahap kedua, diperuntukkan untuk lima ruang belajar baru, satu ruang praktik, satu ruang pamer atau galeri.

Sedangkan untuk pembangunan tahap kedua SMAN Tawangmangu Karanganyar dibangun dengan dana sekitar Rp 7 miliar dari dana APBD 2022 provinsi Jawa Tengah yang akan dilelang pada tahun ini.

"Ini baru pertama kali di Jawa Tengah desain sekolah futuristik, diinisiasi Pak Gubernur tidak mestream dari sekolah lalinya," kata kata Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Syamsudin Isnaini, kepada Kompas.com, (31/1/2022).

"Konsep futuristik gabungan konsep alam dan konsep modif yang akan diterapkan masa yang akan datang, jadi tidak ketinggalan jaman tapi tidak meninggalkan kearifan lokal," lanjutnya.

"Di Tawangmangu merupakan wilayah blank spot yakni wilayah tidak ada SMA atau SMK negeri atau swastanya. Yang mana di sini ada banyak usia anak sekolah. Dengan pertimbangan itu dibangun sekolah sesuai kebijakan Pak Gubernur," ujarnya.

"Sambil menunggu perizinan, akan diampu guru dari SMAN Karangpandan Karanganyar, sementara ini belum bisa bicara soal recruitment tenaga pendidik," jelas.

Meski direncanakan dengan segudang kemegahannya, pembangunan SMAN 1 Tawangmangu tak luput dengan isu kontruksi bangunan yang dikerjakan dengan asal-asalan.

Diberitakan sebelumnya, adanya inspeksi mendadak (sidak) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di pembangunan SMAN Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (30/1/2022).

Dalam kejadian tersebut, Ganjar melakukan pengecekan kondisi tembok depan bagian bawah jendela gedung dengan cara ditendang.

Dari uji coba yang dilakukannya, mendapati tembok berlubang dan mengalami kerusakan.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/31/160217378/melihat-sman-1-tawangmangu-sekolah-bergaya-futuristik-yang-buat-marah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke