Salin Artikel

Satpol PP Kewalahan Urai Kerumunan Ribuan Warga yang Saksikan 1.000 Lampion Imlek di Solo

Pantuan Kompas.com, para warga berbondong-bondong mendatangi kawasan tersebut, Minggu (30/1/2022).

Ribuan warga bahkan terpantau mulai mendatangi kawasan tersebut sejak pukul 17.30 WIB. Hingga pukul 20.00 WIB, warga masih memadati kawasan itu.

Kepala Satpol PP Kota Solo, Arif Darmawan mengatakan, kondisi ribuan warga yang memadati kawasan Pasar Gede tersebut sudah diprediksi.

"Sudah kita prediksi, nanti kita lihat evaluasi. Besok (Senin, 31 Januari 2022) waktu rapat kita evaluasi. Karena kemaren hujan jadi rame banget hari ini," katanya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/1/2022).

Satpol PP pada malam ini, hanya menurunkan 14 petugas reguler, berbanding terbalik pada Sabtu (29/1/2022). Saat itu mereka menerjunkan tim gabungan pengurai kerumunan.

Arif mengakui saat ini para petugas kewalahan untuk mengurangi kerumunan yang ada.

"Kita ada dua tim untuk mengimbau untuk tetap prokes. Iya kewalahan," katanya.

Pantauan Kompas.com di lokasi, para petugas mengimbau masyarakat dengan cara mengunakan speaker yang terpasang di Mobil Satpol PP.

Tak hanya itu, petugas juga membagikan masker kepada warga yang kedapatan melepas atau lupa membawa masker.


Tes swab acak

Arif melanjutkan, jika kerumunan tidak terurai sampai pukul 22.00 WIB, maka petugas Satpol PP bakal melakukan swab acak.

"Kalau memang kerumunan kita imbau, dengan menjaga prokes sanksi dibubarkan swab. Kita lihat aja, kalau sulit akan kita swab di tempat," tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/30/223031678/satpol-pp-kewalahan-urai-kerumunan-ribuan-warga-yang-saksikan-1000-lampion

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke