Salin Artikel

Pasar Sidayu Terbakar, Bupati Gresik Janji Akan Segera Bangun yang Baru

KOMPAS.com - Pasar Sidayu di Gresik, Jawa Timur, terbakar pada Minggu (30/1/2022) pukul 03.30 Wib. Akibatnya, lebih kurang 259 lapak di pasar ludes dilalap si jago merah.

"Total ada 259 stan, saat ini masih diidentifikasi kerugian secara materil, tidak ada korban jiwa. kemungkinan ada konsleting listrik dari kios," kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, dilansir dari Surya.co.id.

Sementara itu pria yang akrab disapa Gus Yani berjanji akan segera membangun pasar Sidayu yang baru agar para pedagang bisa kembali berjualan.

"Sementara relokasi pedagang pasar Sidayu di Alun-alun Sidayu agar mereka bisa melanjutkan usaha perdagangan terlebih dahulu," tutupnya.

Dari keterangan penjaga pasar, Purwanto, api awalnya muncul dari bagian timur pasar. Lalu, api dengan cepat merembet dan membakar hampir sebagian lapak pedagang.

Petugas pemadam kebakaran akhirnya berhasil memadamkan api setelah empat jam berjuang.

"Separuh stan di pasar Sidayu terbakar," kata Purwanto.

Usai kebakaran itu, para pedagang berusaha mengambil barang yang masih bisa diselamatkan.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Gresik Agustin Halomoan Sinaga menjelaskan, kebakaran terjadi menjelang subuh atau sekitar pukul 03.30 WIB. Kebakaran diduga terjadi akibat korsleting.

Sementara, taksiran kerugian mencapai ratusan juta.

"Kerugian bisa ratusan juta, mungkin lebih. Terpenting penyelamatan dulu dan pemadaman api," ujar Sinaga.

(Penulis : Kontributor Gresik, Hamzah Arfah | Editor : Pythag Kurniati)

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul: Ratusan Pedagang Pasar Sidayu Gresik Direlokasi ke Alun-alun dan Janji Bupati Fandi Akhmad Yani

https://regional.kompas.com/read/2022/01/30/181600278/pasar-sidayu-terbakar-bupati-gresik-janji-akan-segera-bangun-yang-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke