Salin Artikel

Operasi Pasar di Salatiga, Jateng, Airlangga Hartarto Disambut Histeris Emak-emak

KOMPAS.com – Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto disambut hangat oleh penjual dan pembeli yang sebagian besar adalah kalangan emak-emak saat melakukan operasi pasar di Pasar Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (29/1/2022).

Para pedagang dan emak-emak tanpa canggung menghampiri Ketua Umum DPP Partai Golkar. Bahkan, beberapa di antara mereka merangsek maju untuk meminta foto bersama dengan Menko Perekonomian tersebut.

“Terima kasih Pak Airlangga. Alhamdulillah, harga minyak goreng di sini sudah mulai turun,” ujar Ibu Suparti (54), warga Kecamatan Argomulyo, Salatiga, sembari meminta kesediaan Airlangga Hartarto untuk berfoto bersama.

Lain halnya dengan Ibu Lestari (60). Sambil membawa tas belanjaan, ia tidak menyangka bahwa pasar yang setiap hari dikunjungi didatangi oleh seorang menteri yang biasa dilihat di televisi.

“Saya kaget bisa ketemu Pak Menteri di pasar. Makanya, tadi saya nekat maju ke depan minta foto bareng karena saya cuma bisa lihat Pak Airlangga di televisi,” ujarnya sambil tersenyum.

Saat berkunjung ke Pasar Salatiga, Airlangga berkeliling dan berdialog secara langsung dengan sejumlah pengunjung pasar.

Usai berkeliling pasar, kepada awak media, Airlangga mengatakan bahwa operasi pasar dilakukan untuk memastikan stabilitas harga bahan pangan.

Hal ini, kata dia, menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menjaga ketersediaan stok serta keterjangkauan harga bahan pangan bagi seluruh masyarakat. Pasalnya, dalam beberapa waktu terakhir, harga beberapa komoditas bahan pangan mengalami kenaikan.

“Kami meninjau pasar kali ini, salah satunya, untuk memastikan harga minyak goreng serta harga beras dan gula pasir yang tergolong cukup murah,” kata Airlangga.

Sebelum meninggalkan Pasar Salatiga, Airlangga sempat membagikan puluhan payung berwarna kuning kepada para pengunjung pasar.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/29/16530081/operasi-pasar-di-salatiga-jateng-airlangga-hartarto-disambut-histeris-emak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke