Salin Artikel

Polisi Kantongi Identitas Pelaku yang Jadi Pemicu Bentrok di Maluku Tengah

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif memastikan akan memproses hukum pelaku karena telah menyebabkan bentrokan hingga tiga korban tewas dan ratusan rumah warga terbakar.

“Harapan masyarakat soal proses penegakan hukum ini juga akan kita laksanakan,” kata Latif kepada wartawan di kantor Polda Maluku, Jumat (28/1/2022).

Hanya saja mempertimbangkan situasi keamanan agar tetap kondusif, proses penanganan hukum kasus itu akan dilakukan bertahap.

“Kita akan lakukan secara bertahap. Sudah kita kantongi identitasnya,” ujarnya.

Terkait penanganan hukum kasus bentrokan tersebut, Latif juga meminta warga bersikap kooperatif dengan membantu aparat kepolisian.

Menurutnya, warga kerap menuntut agar aparat kepolisan memproses hukum kasus itu, namun di saat yang bersamaan warga malah tidak kooperatif.

“Jadi kita juga berharap dari masyarakat agar bisa membantu kita. Kendala dan kesulitan kita adalah masyarakat kadang menuntut itu, tapi saat kita minta pemeriksaan saksi dan sebagainya mereka menarik diri. Ini menjadi kesulitan, jadi mari kita kooperatif,” ungkapnya.

Ia menuturkan, dalam kasus bentrok di Pulau Haruku, ada satu warga yang juga menjadi pemicu bentrokan dengan menganiaya.

“Katakanlah ini ada pelaku penganiayaan dia harus bertanggung jawab karena ini salah satu awal yang memperluas bentrok. Tentu nanti akan kita lakukan (pemeriksaan) sesuai situasi dan kondisi di lapangan,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, bentrok antara dua desa bertetangga di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah pecah pada Rabu (26/1/2022).

Bentrokan yang diduga dipicu oleh masalah sengketa lahan itu menyebabkan lebih dari 200 rumah warga di Desa Kariuw hangus dibakar massa.

Bentrokan juga menyebabkan tiga warga meninggal dunia dan empat warga lainnya terluka, termasuk seorang anggota polisi.

Untuk mencegah bentrok terus berlanjut, aparat TNI Polri kini telah diterjunkan ke wilayah itu guna menyekat perbatasan kedua desa bertetangga tersebut. 

https://regional.kompas.com/read/2022/01/28/171435378/polisi-kantongi-identitas-pelaku-yang-jadi-pemicu-bentrok-di-maluku-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke