Salin Artikel

Tes Acak Penumpang Pesawat di Bandara Supadio Pontianak, 1 Orang Positif Covid-19

PONTIANAK, KOMPAS.com – Satu orang penumpang pesawat yang tiba di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), positif Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Erna Yulianti mengatakan, konfirmasi satu orang penumpang pesawat positif Covid-19 tersebut berdasarkan hasil tes acak kepada 37 penumpang di terminal kedatangan, pada Rabu (26/1/2022).

“Pelaksanaan tes swab acak di Bandara Supadio Pontianak pada Rabu kemarin, ditemukan 1 kasus konfirmasi baru yang merupakan penumpang pesawat,” kata Erna, kepada wartawan, Jumat (28/1/2022) pagi.

Erna menerangkan, seorang penumpang tersebut berasal dari Kabupaten Mempawah, Kalbar.

Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi kepada Satgas Penanganan Covid-19 setempat untuk segera melakukan isolasi dan tracing kontak erat.

“Penumpang tersebut berasal dari Mempawah, hal ini sudah disampaikan ke Dinkes Mempawah untuk segera diisolasi dan dilakukan tracing kontak erat,” ucap Harrison.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson mengungkapkan, saat ini muncul dua klaster penyebaran Covid-19 di tingkat keluarga.

Harisson mengatakan, kedua keluarga yang berada di Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

"Ada muncul dua klaster keluarga penyebaran Covid-19 di Kalbar. Mereka memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta," kata Harisson, saat dihubungi, Senin (24/1/2022).

Selain itu, lanjut Harisson, beberapa pasien Covid-19 tersebut memiliki gejala flu, batuk dan demam.

"Saat ini, mereka sudah dalam penanganan petugas kesehatan untuk diisolasi," ucap Harisson.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/28/094850578/tes-acak-penumpang-pesawat-di-bandara-supadio-pontianak-1-orang-positif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke