Salin Artikel

3 Prajurit TNI Gugur di Pos Gome Papua, Diduga Didalangi KKB Numbuk Telenggen

KOMPAS.com - Pos TNI di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) Kamis (27/1/2022) pagi.

Akibatnya, tiga prajurit TNI gugur. Mereka adalah Serda Rizal, Pratu Tupas Baraza, dan Pratu Rahman.

Dilansir dari TribunPapua.com, penyerangan itu diduga didalangi oleh KKB
Numbuk Telenggen.

Hal itu terungkap setelah Juru Bicara OPM (Organisasi Papua Merdeka) Sebby Sambom mengeluarkan pernyataan terkait insiden itu.

"Komandan lapangan Numbuk Telenggen dengan pasukannya pada pukul 09.37 pagi waktu Papua, serang Pos Koramil Distrik Gome Tanah Merah Kabupaten Puncak, dan dalam serangan ini dua orang anggota TNI tertembak," ujarnya, Kamis (27/1/2022) pagi.

Selain itu, DPO TNI dan Polri itu juga terlibat dalam aksi penembakan
dua tenaga pendidik dan juga tukang ojek di Kampung Eromaga, Kabupaten Puncak pada 14 April 2021.

Usai kejadian tersebut, pada 15 Mei 2021, aparat gabungan sempat menggerebek homai yang diduga tempat persembunyian dari Numbuk Telenggen di wilayah Tanah Merah Bawah.

Namun, Numbuk Telenggen berhasil meloloskan diri. Pasca-penggerebekan tersebut, aparat keamanan menemukan sejumlah barang yaitu senjata angin, amunisi kaliber 5,56, polsel, anak panah, dan sejumlah dokumen TPNPB OPM.


Seperti diberitakan sebelumnya, serangan beruntun KKB di Pos TNI Gome terjadi saat jam pergantian petugas jaga.

Menurut Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga dalam keterangan tertulisnya, serangan itu membuat dua prajurit tertembak, yakni Serda Rizal dan Pratu Baraza.

Lalu saat proses evakuasi kedua korban, KKB kembali menyerang dan melukai Pratu Rahman dan Pratu Saeful.

"Akibat penyerangan kembali ke Pos TNI, dua personel atas nama Pratu Rahman dan Pratu Saeful terkena tembakan kemudian dievakuasi ke Puskesmas Ilaga. Setibanya di Puskesmas Ilaga, korban Pratu Rahman dinyatakan meninggal dunia oleh dokter puskesmas," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul: SOSOK Numbuk Telenggen, KKB Papua Otak Penyerangan Pos TNI, Dulu Tewaskan Bharada Komang Wira

https://regional.kompas.com/read/2022/01/27/181925178/3-prajurit-tni-gugur-di-pos-gome-papua-diduga-didalangi-kkb-numbuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke