Salin Artikel

4 Tahanan yang Kabur dari Polsek Gunungsari Ditangkap, Polda NTB: Kita Cari Tahu Alasan Mereka

Keempat tahanan itu ditahan di Polres Kota Mataram untuk diperiksa Tim Sub Pengamanan Internal (Paminal) Propam Polda NTB dan Polres Kota Mataram.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan, semua tahanan yang kabur sudah ditangkap.

"Ditahan di Polresta Mataram sekarang semuanya, mereka menjalani pemeriksaan dan akan dicari tahu alasan mereka kabur dari sel tahanan di Polsek Gunung Sari," kata Artanto di Mataram, Kamis (27/1/2022).

Artanto menambahkan, enam petugas jaga di Polsek Gunungsari juga diperiksa terkait kaburnya empat tahanan tersebut.

"Kita sudah lapor ke pimpinan, akan ada pemeriksaan dari Tim Paminal Propam Polda NTB, akan ada sanksi seperti apa nanti kita tunggu saja hasilnya," kata Artanto.

Kapolsek Gunungsari AKP Agus Eka Ayana turun langsung mencari empat tahanan yang kabur itu. Ia bahkan memburu para tahanan kabur ke hutan dan rumah warga.

"Kemarin saya langsung ke lapangan, semua sudah tertangkap, untuk informasi resmi, satu pintu ya lewat Humas Polda NTB," terang Agus yang dihubungi melalui telpon.

Terkait dengan gembok yang dirusak pelaku, Agus mengatakan semua telah disita oleh Provos Polda NTB.

"Gembok tersebut sudah diamankan Provos untuk pemeriksaan anggota," kata Kapolsek.


Tim humas Polres Mataram juga membagikan video penangkapan salah seorang tahanan berinisial J yang ditangkap di rumah keluarganya di Kota Mataram.

J mengaku hanya ikut-ikutan karena ditakut-takuti tersangka lainnya yang hendak kabur.

"Yang pertama kabur itu yang kecil, DS, saya terakhir, ditakuti dibilang ditembak kamu kalau diam di sini, disiksa kamu sendirian, ikut saya, terakhir saya lari terus jatuh saya," kata J dikutip dari video yang dibagikan itu.

Keempat tahanan itu merusak gembok sel tahanan dan masuk ke ruang barang bukti. Mereka lalu kabur lewat jendela ruangan barang bukti menuju bagian belakang polsek.

Setelah itu, keempat tahanan lari ke arah jembatan di kawasan Gunugsari dan tiba di Hotel Astoria.

"Ketemu di Astoria, mereka lanjut jalan, tapi saya jalan sendiri," kata J yang mengenakan kopiah dan sarung hijau dari keluarganya.

Apa yang dikatakan J akan dipertanggungjawabkan di hadapan penyidik yang memeriksa mereka terkait situasi di Polsek Gunungsari saat mereka kabur.

Sebelumnya, empat orang tahanan Polsek Gunungsari Lombok Barat, kabur dari tahanan Polsek, Senin  malam (24/1/2022) pukul 22.30 Wita.

Keempatnya adalah tersangka kasus pencurian dengan pemberatan, dua orang merupakan tahanan kejaksaan, dan dua orang tahanan kepolisian, mereka berhasil kabur dari sel tahanan setelah merusak gembok sel tahanan.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/27/143101978/4-tahanan-yang-kabur-dari-polsek-gunungsari-ditangkap-polda-ntb-kita-cari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke