Salin Artikel

Antisipasi Bentrok di Maluku Tengah Meluas, Kodam Pattimura Siagakan Pasukan

Hal ini dilakukan dengan menggelar apel kesiapsiagaan pasukan yang dipimpin langsung Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon di lapangan apel Makorem 151 Binaiya pada Rabu (26/01/2022).

"Apel gelar pasukan yang dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah agar   konflik di Pulau Haruku tidak berimbas ke daerah lainnya di Maluku," kata Richard saat memimpin apel, Rabu.

Richard memastikan Kodam XVI Pattimura akan selalu bersiaga kapan pun dan di mana pun untuk membantu Polri menjaga situasi keamanan di Maluku.

"Saya berharap konflik bisa segera mereda dan situasi segera  kondusif lagi," ucapnya. 

Richard juga mengingatkan kepada semua prajurit agar tak pernah ragu mengambil tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang mengancam keselamatan. 

"Jangan ragu mengambil tindakan tegas apabila ada yang mengancam keselamatan masyarakat dan prajurit," ujarnya.

Adapun delapan SSK prajurit Kodam XVI Pattimura yang disiagakan untuk mencegah bentrok di Maluku terdiri dari 4 SSK Yonif 733 Masariku, 2 SSK Denkav 5 BLC, dan 2 SSK Denzipur 5 CMG. 

Usai apel, Richard memerintahkan seluruh komandan satuan jajaran Kodam Pattimura di Maluku maupun Maluku Utara untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan masing-masing satuan.

"Sehingga siap digerakkan setiap saat, serta meminta para komandan satuan melakukan tindakan pencegahan, terkoordinasi dengan seluruh instansi dan komponen masyarakat lainnya sehingga konflik tidak meluas," ungkapnya.

Sebelumnya, bentrok antara dua desa terjadi di Kecamatan Pulau Haruku, Maluku Tengah.

Bentrokan diduga dipicu masalah sengketa lahan hingga menyebabkan sebagian rumah warga di Desa Kariuw hangus dibakar massa.

Dalam insiden tersebut, korban tewas berjumlah tiga orang, sementara dua orang lainnya luka-luka.

Sementara warga yang rumahnya terbakar mengungsi ke kampung tetangga.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/26/220925878/antisipasi-bentrok-di-maluku-tengah-meluas-kodam-pattimura-siagakan-pasukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke