Salin Artikel

PSU Pilkada Yalimo Diklaim Aman, 1.500 Anggota Brimob Dikerahkan

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan, dari hasil pemantauan di lapangan, pelaksanaan PSU berlangsung aman dan masyarakat mendatangi TPS guna memberikan suaranya.

Dikutip dari Antara, sebanyak 1.500 personel Brimob Nusantara turut dikerahkan mengamankan pelaksanaan PSU.

Anggota Brimob Nusantara itu disebar hingga ke distrik-distrik dan ada yang khusus berpatroli sehingga mempersempit ruang gerak kelompok yang ingin mengganggu pelaksanaan pemungutan suara.

"Mudah-mudahan kondisi kondusif dapat berlangsung hingga penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih," ucap Kamal, Rabu.

Sementara itu, Komisioner KPU Papua Melkianus Kambu menyatakan bahwa PSU Kabupaten Yalimo diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Dua kandidat yang ikut PSU Yalimo adalah pasangan calon nomor urut 01 Lakius Peyon-Nahum Mabel dan pasangan calon 02 yaitu Nahor Nekwek-John Wilil.

Kabupaten Yalimo memiliki lima distrik dengan 298 kampung, jumlah pemilih 90.948 orang yang memilih di 327 TPS.

Sebelumnya diberitakan, Pilkada Yalimo 2020 diikuti dua pasangan calon yakni nomor urut 1 Erdi Dabi-Jhon Wilil dan nomor urut 2 Lakiyus Peyon-Nahum Mabel.

Dari hasil rapat pleno KPU Yalimo pada 18 Desember 2020, KPU menetapkan paslon nomor urut 1 menjadi pemenang dengan perolehan 47.881 suara atau unggul 4.814 suara dari saingannya.

Namun putusan tersebut digugat ke MK oleh paslon nomor urut dua.

Pada 19 Maret 2021, MK memerintahkan KPU Yalimo melakukan PSU di 105 TPS yang tersebar di Distrik Apalapsili dan Welarek.

Hasilnya Erdi Dabi-Jhon Wilil menjadi pemenang Pilkada Yalimo dengan perolehan 47.785 suara atau unggul 4.732 suara dari lawannya.

Pasangan Lakiyus Peyon-Nahum Mabel kembali menggugat hasil tersebut ke MK.

Kali ini materi gugatannya adalah status Erdi Dabi yang merupakan mantan narapidana yang seharusnya belum bisa menjadi peserta Pilkada.

Pada 29 Juni 2021, MK mengabulkan gugatan tersebut dan mendiskualifikasi kepesertaan pasangan Erdi Dabi-Jhon Wilil dari Pilkada Yalimo.

MK juga memerintahkan KPU Yalimo melaksanakan Pilkada ulang mulai dari tahapan pendaftaran peserta Pilkada.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/26/215756078/psu-pilkada-yalimo-diklaim-aman-1500-anggota-brimob-dikerahkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke