Salin Artikel

Pemasangan Kabel Laut Sumatera - Bangka Terkendala Rawa dan Buaya

Imbasnya, interkoneksi jaringan yang semula dijadwalkan Januari 2022, diundur menjadi Maret 2022.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, pengoperasian kabel bawah laut telah mengalami beberapa kali pengunduran.

Kondisi tersebut dinilai mengkhawatirkan, karena perekonomian Bangka Belitung justru sedang tumbuh.

"Terkendala kondisi alam, di sana rawa, bukan soal pembebasan lahan," ujar Erzaldi seusai peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kantor PLN Bangka Belitung, Rabu (26/1/2022).

Erzaldi menuturkan, operasional interkoneksi Sumatera melalui Banyuasin, Sumatera Selatan, sangat diharapkan, sehingga cadangan listrik di Bangka semakin besar dan bisa melayani permintaan investor.

Saat ini, Kepulauan Bangka Belitung menjadi primadona dengan tambak udang vaname yang membutuhkan listrik sebagai penggerak kincir air.

Di samping itu, industri smelter timah juga mulai menggeliat seiring naiknya harga di pasaran dunia.

"Kalau listriknya tidak mencukupi, tentu investor kecewa dan ini harus diantisipasi," ujar Erzaldi.

Menurut Erzaldi, pihaknya akan menyurati manajemen PLN pusat agar memprioritaskan ketersediaan energi listrik di Bangka Belitung.


Terkendala rawa dan buaya

Sementara itu, General Manager PLN UIW Bangka Belitung Amris Adnan membenarkan bahwa faktor alam menjadi kendala pemasangan kabel bawah laut.

Menurut Amris, kawasan yang sedang dikerjakan berada di Banyuasin dengan kondisi medan berupa rawa.

"Tim di sana, kami tahu sudah bekerja maksimal, tapi terkendala daerahnya rawa dan ada kawanan buaya juga. Kalau sudah di titik pengerjaan, tak bisa bolak-balik, karena sulitnya medan," ujar Amris.

Amris berharap, kabel yang dibentangkan sepanjang 36 kilometer sirkuit (KMs) itu bisa segera beroperasi dalam waktu dekat.

Pihaknya juga mulai kewalahan, karena banyak pelanggan industri yang harus dilayani, sementara sistem pembangkit bertumpu pada satu PLTU dan pembangkit diesel yang juga melayani pelanggan rumah tangga dan perkantoran.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/26/175246278/pemasangan-kabel-laut-sumatera-bangka-terkendala-rawa-dan-buaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke