Salin Artikel

Kadin Perdagangan Kendal: Mulai Besok, Harga Minyak Goreng Harus Rp 14.000 Per Liter

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Feri Rad Boney, mengatakan harga minyak goreng di pasar tradisional masih banyak yang Rp 20.000 per liternya.

Feri meminta kepada distributor minyak goreng untuk menarik dan mengganti minyak goreng yang baru, dengan harga Rp 14.000 per liter.

“Pedagang pasar tradisional masih menjual minyak dengan harga lama, karena dari distributornya segitu,” kata Feri, Rabu (26/1/2022).

Feri menambahkan, mulai Kamis (27/1/2022), harga minyak goreng di pasar tradisional harus sudah Rp 14.000 per liter. Pihaknya akan sidak untuk mengecek harga tersebut.

“Saya berharap, besok harga minyak goreng sudah turun dari Rp 20.000 menjadi Rp 14.000 per liter,” ujar Feri.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menambahkan dirinya sudah melakukan sidak ke pasar Weleri.

Dari sidak itu, diketahui harga minyak goreng kemasan, sudah mengalami penurunan harga cukup lumayan, yaitu Rp 6 ribu per kilonya, dari semula Rp 20 ribu menjadi Rp 14 ribu. 

“Tapi, memang masih ada yang di atas harga yang sudah ditetapkan, akibat barang tersebut merupakan stok lama dan tadinya dibeli dengan harga lama,” aku Dico.

Dico menegaskan pihaknya akan kembali sidak secara acak, di pasar tradisional. Dia berharap, harga minyak goreng di pasar tradisional secara bertahap mengalami pemerataan.

Ia mengaku, sedang menghubungi ke masing-masing distributor minyak goreng, untuk segera meratakan harga.

“Tetap ada pembatasan pembelian maksimal, yaitu hanya dua kemasan baik untuk ukuran 1 liter maupun 2 liter. Ini untuk menjaga stok minyak agar tidak terjadi penimbunan,” tegas Dico.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/26/165257078/kadin-perdagangan-kendal-mulai-besok-harga-minyak-goreng-harus-rp-14000-per

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke