Salin Artikel

Lima Tahanan yang Kabur di Tanggamus Lampung Ternyata Komplotan Spesialis Pencurian Warung

LAMPUNG, KOMPAS.com - Lima tahanan yang kabur dari Mapolsek Pulau Panggung di Kabupaten Tanggamus, Lampung adalah komplotan spesialis pencurian warung.

Lima tahanan tersebut kabur pada Selasa (25/1/2022).

Kelima tahanan tersebut berinisial, BU (24), HR (18), DS (18), dan RI (28) yang merupakan warga Desa Gunung Tiga, Kecamatan Ulu Belu.

Kemudian HE (31) warga Dusun Kampung Asam, Kecamatan Pulau Panggung.

Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyani mengatakan, berdasarkan catatan laporan penyidikan kelima tahanan itu melakukan pencurian dengan pemberatan (curat) di sejumlah lokasi Kecamatan Pulau Panggung.

"Lima tahanan ini satu komplotan curat dengan beberapa TKP (tempat kejadian perkara) di Kecamatan Pulau Panggung," kata Satya melalui pesan WhatsApp, Rabu (26/1/2022).

Beberapa TKP pencurian yang dilakukan oleh komplotan ini di antaranya, warung milik Eva Diana Sari di Desa Tanjung Rejo dengan total kerugian sekitar Rp 7 juta.

Komplotan pencuri ini mengambil 40 karung beras, 70 liter pertalite, dan puluhan bungkus rokok.

Kemudian rumah milik Widya Wulandari di Pekon Gunung Tiga dengan total kerugian mencapai Rp 40 juta.

Dari lokasi ini para pelaku mencuri tabung gas elpiji 3 kg, mixer, kompor gas, tiga karung pakaian, dua unit lemari es dan oven listrik.

Lalu warung milik Suganda di Desa Talang Jawa dengan total kerugian Rp 1,5 juta.

Adapun barang yang dicuri adalah lima krat softdrink, dua tabung gas 3 kg, uang Rp 200.000, 22 bungkus makanan ringan, 10 sachet kopi, dan dua jeriken pertamax.

1 tahanan berhasil ditangkap

Satya mengatakan, pihaknya masih mengejar empat tahanan yang belum tertangkap, termasuk melakukan pendekatan ke keluarga.

"Hasil penyelidikan dan pengejaran, berhasil diamankan seorang tahanan berinsial DS (18) saat ia bersembunyi di wilayah Kecamatan Ulu Belu, Tanggamus," kata Satya.

Diberitakan sebelumnya, lima orang tahanan itu melarikan dengan cara memotong jeruji besi pada Selasa (25/1/2022) sekitar pukul 02.00 WIB.

Mereka adalah satu komplotan kasus pencurian dengan pemberatan (curat).

"Kelimanya melarikan diri dengan cara memanjat dinding dan memotong jeruji besi ruangan olahraga dan berjemur tahanan," kata Satya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/1/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/01/26/125127678/lima-tahanan-yang-kabur-di-tanggamus-lampung-ternyata-komplotan-spesialis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke