Salin Artikel

7 Fakta Menarik Kalimantan Timur, Provinsi Ibu Kota Baru Nusantara, yang Dihuni 6 Persen Lansia

Ibu kota baru Nusantara itu nantinya akan berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU, Provinsi Kalimantan Timur.

Artinya, Kalimantan Timur nanti akan menjadi provinsi yang terdapat ibu kota negara di dalamnya.

Dengan demikian, Kalimantan Timur akan menjadi provinsi yang sentral di Indonesia. Posisi akan sama seperti Jakarta saat ini.

Untuk itu, masyarakat Indonesia tampaknya harus lebih mengenal provinsi yang satu ini. Berikut 7 fakta menarik tentang Kalimantan Timur yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Dibentuk Tahun 1956

Pembentukan Provinsi Kalimantan Timur dilakukan pada tahun 1956 melalui Undang-undang Nomor 25 Tahun 1956, dengan APT Pranoto sebagaigubernur pertama.

Sebelum menjadi provinsi, Kalimantan Timur merupakan salah satu karesidenan dari Provinsi Kalimantan.

Provinsi Kalimantan ini pada tahun 1956 kemudian dipecah menjadi tiga provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat.

Saat ini, Provinsi Kalimantan Timur memiliki 10 kabupaten/kota, dengan Kota Samarinda sebagai ibu kotanya.

2. Provinsi Terluas Keempat di Indonesia

Provinsi Kalimatan Timur memiliki luas wilayah mencapai 129.066,64 kilometer persegi, atau 6,73 persen dari luas Indonesia.

Luas ini menjadikan Kalimantan Timur sebagai provinsi terluas keempat di Indonesia, setelah Papua, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

Kalimantan Timur dibagi ke dalam tujuh kabupaten, tiga kota, 107 kecamatan, dan 1.032 desa atau kelurahan.

Letak Kalimantan Timur berada di sisi paling timur Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan dengan Kalimantan Utara di sebelah utara, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di sebelah timur.

Kemudian Kalimantan Selatan di sebelah selatan, serta Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Malaysia di sebelah abarat.

Kalimantan Timur juga memiliki 419 pulau, dengan luas pengelolaan laut mencapai 25.656 kilometer persegi.

3. Dihuni oleh 3,77 Juta Jiwa

Berdasarkan Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Provinsi Kalimantan Timur mencapai 3,77 juta jiwa.

Jumlah ini terdiri dari 1.962.634 laki-laki atau 52,1 persen, dan 1.804.405 perempuan atau 47,9 persen.

Sebaran penduduk Kalimantan Timur terkonsentrasi di Kota Samarinda, yang dihuni oleh 827.994 penduduk atau 21,99 persen dari total penduduk Kalimanta Timur.

Kota terpadat kedua di Kalimantan Timur adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan total penduduk 729.382 jiwa atau 19,37 persen.

Kalimantan Timur belum memasuki era ageing population, yang ditandai dengan persentase penduduk lansia masih kurang dari 10 persen, yaitu 6,22 persen.

4. UMP Kalimantan Timur Rp 3.014.497

Upah Minimum Provinsi (UMP) Kalimantan Timur tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp 3.014.497,22.

Ketetapan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 561/K/568/2021.

Angka tersebut menandakan UMP Kalimantan Timur 2022 mengalami kenaikan 1,1 persen atau Rp 33.118,50 dibanding UMP tahun 2021.

Perhitungan besaran UMP mempertimbangkan beberapa hal, seperti inflasi, pertumbuhan produk domestik bruto, hingga kebutuhan hidup layak di Kalimantan Timur.

Kalimantan Timur merupakan provinsi dengan penduduk yang beragam dari berbagai suku bangsa.

Namun, suku asli Kalimantan Timur sesungguhnya adalah Suku Kutai dan Suku Dayak di pedalaman.

Keberadaan Suku Kutai ini sejalan dengan fakta sejarah tentang adanya Kerajaan Kutai Martadipura yang merupakan kerajaan Hindu tertua di Nusantara.

Kerajaan Kutai Martadipura ini disinyalir berdiri pada abad ke-4 Masehi, dan memiliki peninggalan sejarah tertua di Indonesia.

Namun, Suku Kutai bukan mayoritas penduduk di Kalimantan Timur. Ada suku lain yang jumlahnya lebih besar seperti Suku Jawa, Suku Bugis, hingga Suku Banjar.

6. Makna Semboyan Ruhui Rahayu

Semboya Provinsi Kalimantan Timur adalah “Ruhui Rahayu”. Semboyan ini tercantum pada lambang provinsi di bagian bawah.

Ruhui Rahayu bermakna cita-cita dan tujuan rakyat Kalimantan Timur dalam menggapai tatanan sosial yang bahagia, adil dan makmur, aman, tenteram yang diridai Allah.

Adapun lambang Kalimantan Timur berbentuk perisai dengan warna dasar hijau.

Pada bagian atas terdapat bintang bersudut lima berwarna kuning, dan dibawahnya terdapat tulisan Kalimantan Timur.

Terdapat gambar telabang, mandau dan sumpitan, lilitan rotan yang jumlahnya 24, delapan untaian minyak, delapan untaian damar, dan satu tetesan akhir.

Kemudian terdapat empat titik terukir di ujung mandau dan lima lilitan di ujung sumpitan.

7. Tempat Wisata Kalimantan Timur

Kalimantan Timur memiliki sejumlah tempat wisata unggulan yang bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin berlibur.

Di antara tempat wisata Kalimantan Timur yaitu Pantai Sekerat, Air Terjun Kedang Ipil, Museum Mulawarman, Desa Budaya Pampang, Kepulauan Derawan, hingga Islamic Center Samarinda.

Selain itu adapula tempat wisata menarik lain, seperti Hutan Mangrove Margomulyo, Goa Losan, Taman Rekreasi Lembah Hijau, Danau Labuan Cermin, Samboja Lodge, dan Danau Jempang.

Sumber:
Kompas.com
Kaltimprov.go.id
Diskominfo.kaltim.go.id
Kaltim.bps.go.id

https://regional.kompas.com/read/2022/01/26/112656778/7-fakta-menarik-kalimantan-timur-provinsi-ibu-kota-baru-nusantara-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke