Salin Artikel

Pernyataan Edy Mulyadi soal Lokasi IKN “Jin Buang Anak”, Wagub Kaltim: Warga 5 Provinsi di Pulau Kalimantan Marah

“Ini bukan kemarahan satu atau dua orang saja, tapi seluruh warga di pulau Kalimatan. Tadi saya menerima laporan dari Kalbar, Kalteng, Kaltara, Kalsel dan Kaltim semua menyampaikan keberatan atas pernyataan Edy Mulyadi,” ungkap Hadi kepada Kompas.com, Selasa (25/1/2022).

Oleh karena itu, selain meminta Edy Mulyadi meminta maaf, Hadi juga meminta polisi segera memproses Edy secara hukum agar situasi di masyarakat di kembali kondusif.

“Kalau tidak ditegakan secara hukum positif maka berlaku hukum adat di lima provinsi di Kalimantan, tentu situasi ini berpengaruh dengan pembangunan ibu kota negara (IKN),” tutur dia.

Hadi meminta masyarakat tetap menjaga kondusifitas seiring munculnya gelombang massa memprotes pernyataan Edy Mulyadi terjadi di beberapa daerah di Kaltim.

Sebelumnya, beredar ramai di media sosial, potongan video Edy Mulyadi yang menolak perpindahan IKN ke Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara dengan membawa istilah "jin buang anak".

Edy sudah memberikan klarifikasi atas penyataannya dan meminta maaf. Namun gelombang penolakan protes masih bermunculan. Di Samarinda, misalnya, sejumlah organisasi masyarakat (ormas) adat Kaltim turun ke jalan menggelar demonstrasi sejak kemarin.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/26/060500178/pernyataan-edy-mulyadi-soal-lokasi-ikn-jin-buang-anak-wagub-kaltim--warga-5

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke