Salin Artikel

Dugaan Korupsi Proyek Jalan di Buru Selatan, KPK Periksa 14 Saksi

Pemeriksaan terhadap belasan orang saksi itu dipusatkan di kantor Polres Pulau Buru, di Namlea, Kabupaten Buru, Senin (24/1/2022).

Juru Bicara KPK, Ali Fikri  yang dikonfirmasi Kompas.com membenarkan saat ini tim penyidik KPK tengah memeriksa belasan orang saksi terkait kasus tersebut.

“Hari ini pemeriksaan saksi TPK (tindak pidana korupsi) terkait proyek pembangunan jalan dalam kota Namrole tahun 2015 di Pemerintahan Kabupaten Buru Selatan,” kata Fikri via WhatsApp, Senin.

Adapun 14 orang saksi yang diperiksa itu yakni Kepala Bidang Cipta Karya tahun 2014–2016 Adrian Maun, PPK pada Dinas PU Buru Selatan tahun 2014 Agus Mahargianto, PNS Balai Pelaksanaan Jalan XVI Ambon Ajid Kunio dan Panitia Pengadaan atau Kelompok Kerja (Pokja) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang periode tahun 2011- 2016 Alexander Torry.

Kemudian, Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Buru Selatan Cones A. Sahetapy, PNS Kabupaten Buru Selatan Evi Rosalina, Bendahara BPKAD Kabupaten Buru Selatan tahun 2010–sekarang Gamar The, dan Kepala Bidang pada Bappeda dan Litbang Kabupaten Buru Selatan tahun 2019–sekarang Gregorius Yosep Tortet.

Selanjutnya, Direktris PT Dharma Bakti Abadi Hongdiyanto Silvia, Staf Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bursel dari tahun 2012-sekarang Ilyas Akbar Wael, Kabid Bina Marga Dinas PU Kabupaten Buru Selatan (PPK) Joseph A.M.Hungan.

Penyidik KPK juga memeriksa Anggota Panitia Pengadaan atau Kelompok Kerja (Pokja) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabulaten Bursel tahun 2012 Rajab Letetuny, Wiraswasta (Karyawan Ivana Kwelju) Liem Sin Tiong, dan  Direktur CV Fajar Mulia Markus Kwelju.

Ali menyatakan terkait pengusutan kasus tersbeut, penyidik KPK sejak Kamis (20/1/2022) hingga Jumat (21/1/222) telah menggeledah di beberapa lokasi di Kabupaten Buru Selatan.

Adapun sejumlah lokasi yang menjadi sasaran penggeledahan yakni, Kantor Dinas Sosial, Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Anak dan Kantor Koperasi dan Usaha Menengah.

Selain itu penyidik juga menggeledah Kantor Dinas PURP, Kantor Dinas PTSP, Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Kantor Dinas Kesehatan, Kantor Dinas Perhubungan dan rumah kediaman dari sejumlah pihak yang terkait dengan perkara tersebut.    

Ali menambahkan dalam penggeledahan itu, tim penyidik menemukan dan mengamankan berbagai bukti di antaranya dokumen aliran sejumlah uang dan barang elektronik yang diduga dapat mendukung unsur pembuktian dari dugaan pidana korupsi yang dilakukan pihak-pihak terkait dengan perkara ini.

“Analisa atas bukti-bukti tersebut akan dilakukan disertai dengan penyitaan sebagai kelengkapan perkara penyidikan,” ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/01/24/151029778/dugaan-korupsi-proyek-jalan-di-buru-selatan-kpk-periksa-14-saksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke