Salin Artikel

Setiap Tahun NTT Beli Pakan Ternak dari Pulau Jawa Rp 1,1 Triliun

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, kebutuhan pakan ternak di wilayahnya masih dipenuhi dari Pulau Jawa. Viktor mengaku, butuh dana Rp 1,1 triliun per tahun untuk mendatangkan pakan ternak tersebut.

Hal itu disampaikan Viktor saat meninjau lokasi Perusahaan Ayam Petelur Lavinci Farm di Desa Tukuneno, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu pada Minggu (23/1/2022).

"Sejauh ini, kita masih beli pakan ternak ke Jawa Rp 1,1 triliun per tahun," ungkap Viktor.

Karena itu, Viktor berharap pihaknya segera bisa membuat pakan ternak sendiri.

"Kita harus dukung juga agar bagaimana kita bisa kembangkan peternakan kita, salah satunya dengan membuat pakan ternak sendiri. Jangan lagi kita beli pakan ternak dari luar NTT. Kita harus kembangkan industrinya di sini," kata Viktor.

Viktor mengatakan, integrasi Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan Provinsi NTT dapat memaksimalkan program tanam jagung panen sapi. Program itu diharapkan berjalan dengan baik sehingga dapat menghasilkan pakan ternak.

"Kita harapkan hasil pakan ternak dari program tanam jagung panen sapi dengan perhitungan satu hektar untuk menghasilkan 7 ton," kata Viktor.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/24/094309878/setiap-tahun-ntt-beli-pakan-ternak-dari-pulau-jawa-rp-11-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke