Salin Artikel

Warga Purbalingga Kelimpungan, Minyak Goreng Lenyap di Toko Modern Ternyata Disembunyikan Dalam Gudang

Suwarti, warga Purbalingga bahkan mengaku harus bolak-balik ke toko modern di sekitar rumahnya namun selalu pulang dengan tangan hampa.

"Dari kemarin muter-muter engga dapat minyak goreng,” katanya ketika ditemui di salah satu minimarket di Purbalingga.

Kelangkaan minyak goreng juga dialami oleh warga lain, Rifatuts Tsaniyah (30). Dia bahkan menceritakan kesulitannya membeli minyak goreng di media sosial.

Banyaknya aduan dari masyarakat di media sosial terkait kelangkaan minyak membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga menggelar operasi pasar, Jumat (20/1/2022).

Ada enam toko modern yang menjadi sasaran operasi, diantaranya yakni di Alfamart Pasar Segamas, Alfamart Terminal, Indomaret Makam Pahlawan dan Indomaret Alun-Alun Purbalingga.

"Hari ini monitoring harga minyak goreng sesuai dengan arahan pemerintah pusat dengan satu harga Rp 14.000, utamanya yang terhimpun dalam asosiasi pengusaha retail Indonesia (Asprindo)," kata Kabid Perdagangan Dinperindag Purbalingga, Wasis Pambudi.

Temuan di lapangan, seluruh etalase minyak goreng di toko modern kosong. Bahkan di rak tertulis “Minyak Habis, Terimakasih”.

Petugas dan wartawan pun langsung mengecek gudang setiap toko modern dan menemukan belasan karton minyak goreng ukuran 2 liter bertumpuk-tumpuk di sana.

"Saat kami baru datang semua toko tidak ada yang mendisplay namun ternyata di dalam gudang ada itu (minyak goreng), alasannya mereka barang baru datang," ujar Wasis.

Mendapati hal itu, petugas meminta kepada pengelola toko modern untuk segera men-display setok minyak goreng yang tersedia.

Wasis juga memperingatkan pada pengelola karena tindakan menyembunyikan setok dapat menjadi potensi pelanggaran.

"Saat ini kita pembinaan dulu, teguran lisan kecuali sudah terlalu lah (bisa lebih berat) itu paling pembinaan dulu," tutur Wasis.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/21/154150078/warga-purbalingga-kelimpungan-minyak-goreng-lenyap-di-toko-modern-ternyata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke