Salin Artikel

Kronologi Kecelakaan Maut di Rapak Balikpapan yang Tewaskan 5 Orang

SAMARINDA, KOMPAS.com – Kecelakaan maut yang menewaskan sedikitnya lima orang terjadi di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022).

Mulanya truk tronton bermuatan kontainer 20 fit berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton, bergerak menuju Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Truk bernomor polisi KT-8534-AJ itu dikendarai Muhammad Ali (48). Dia beranjak dari lokasi parkirnya di Jalan Pulau Balang, Km 13 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara.

Begitu tiba di depan Rajawali Foto, sang sopir mulai mengurangi persneling dari empat ke tiga.

Namun, sesampai di depan Bank Mandiri, persis jalan turunan simpang Muara Rapak, rem truk mendadak blong alias tak berfungsi. 

Akibatnya, truk itu meluncur laju dan menabrak pengendara yang sedang berhenti mengantre menunggu pergantian lampu merah di traffic light Muara Rapak.

“Laju kendaraan itu (menabrak) sampai kurang lebih sejuah 100 meter,” ungkap Dirlantas Polda Kaltim Kombes Sony Irawan kepada awak media di Balikpapan, Jumat.

Total kendaraan yang ditabrak yakni enam mobil dan 14 motor. Dari enam mobil itu, dua merupakan angkot, dua mobil pribadi, dan dua pikap.

Sementara, lima pengendara tewas di tempat dan empat orang mengalami luka berat.

Kini para korban dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanujoso Djatiwibowo, Balikpapan.

Saat ini polisi sudah mengevakuasi kendaraan yang ditabrak tronton di lokasi kejadian, sehingga arus lalu lintas kembali lancar. Adapun sopir tronton sedang menjalani pemeriksaan polisi.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/21/104755178/kronologi-kecelakaan-maut-di-rapak-balikpapan-yang-tewaskan-5-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke