Salin Artikel

Kasus Covid-19 Meningkat, Banten Berlakukan PTM 50 Persen untuk SMA/SMK

SERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Banten memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sebesar 50 persen untuk jenjang Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kebijakan itu dilakukan karena adanya lonjakan kasus Covid-19 dan sudah ditemukan 11 kasus varian Omicron di Banten.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten Tabrani mengatakan, kebijakan PTM 50 persen mempertimbangkan keamanan kesehatan siswa, guru dan tenaga pendidik.

"Akan tetapi, untuk penerapannya diserahkan kepada daerah masing-masing. Kebijakan Bapak Gubernur Banten, tetap menerapkan PTM 50 persen," kata Tabrani melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Selama PTM, Tabrani meminta sudah kepada seluruh kepala sekolah agar meningkatkan kedisiplinan Prokes di sekolah.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terpaparnya siswa dan timbul kluster sekolah.

"Karena berdasarkan informasi, varian Omicron ini mulai meningkat sebarannya," ujar Tabrani.

Tabrani menegaskan, apabila dalam pelaksanaan kegiatan belajar ditemukan kasus Covid-19 baru di sekolah, maka PTM di sekolah tersebut dihentikan.

Nantinya, dinas kesehatan akan melakukan upaya-upaya memutus mata rantai penyebarannya melalui tracking dan testing, baik kepada peserta didik maupun pendidiknya.

"Untuk sementara PTM di sekolah bersangkutan akan ditutup, dan full daring sampai 8 hari ke depan. Bila sudah dinyatakan kondisinya baik, PTM bisa dilanjutkan," kata Tabrani.

Diungkapkan Tabrani, capaian vaksinasi terhadap siswa sudah mencapai 82 persen untuk dosis pertama.

Sedangkan untuk vaksinasi guru atau pendidik sudah mencapai 87,79 persen.

"Untuk guru belum mencapai 100 persen karena sisanya mempunyai komorbid yang tidak bisa dilakukan penyuntikan vaksin," jelasnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada tanggal 19 Januari 2022 bertambah sebanyak 208 orang.

Terdapat 11 kasus Omicron di wilayah Tangerang Raya.

Sehingga, kasus aktif atau masih dirawat sebanyak 980 orang, pasien sembuh 130.167 orang, dan meninggal dunia 2.701 orang.

Secara akumulatif, kasus positif di Banten mencapai 133.848 orang.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/20/142548878/kasus-covid-19-meningkat-banten-berlakukan-ptm-50-persen-untuk-sma-smk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke