Salin Artikel

Soal Bisnis Es Doger Disuntik Rp 71 M, Gibran: Duwite Ora Mlebu Neng Kantongku

Suntikan modal tersebut tidak hanya diberikan ke perusahaan miliknya, tetapi juga kepada yang lain.

"Biasa banget dan bukan cuma saya (yang dapat suntikan modal)," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Kamis (20/1/2022).

Putra sulung Presiden Jokowi mengatakan suntikan modal tersebut digunakan untuk pengembangan bisnis, salah satunya pembukaan cabang baru.

"Memang (investor) tugasnya ngasih modal gitu. Biar cabangnya tambah akih (banyak)," ungkap dia.

Mengenai suntikan modal sebesar Rp 71 miliar yang dilakukan oleh Alpha JWC Ventures ke start-up minuman Goola, kata Gibran suntikan modal tersebut diterima secara bertahap.

"Sebenarnya bukan Rp 71 miliar. Itu duwite (uangnya) bertahap. Itu salah kaprah. Duwite ya ora mlebu neng kantongku (uangnya tidak masuk kantongku)," ucap Gibran.

Gibran mengungkapkan suntikan modal paling besar yang diterima dari investor selama ini adalah bisnis Mangkokku.

Setelah mendapat suntikan modal, Manglokku akan menambah sebanyak 80 cabang dari sebelumnya 40 cabang di seluruh Indonesia.

"Awalnya kita dapat suntikan modal Rp 25 miliar. Ini ada tambahan (modal) lagi dua kali lipatnya," terang Gibran.


Lebih jauh suami Selvi Ananda meminta untuk menyelidiki aliran dana bantuan modal dari investor yang masuk ke perusahaan miliknya.

Jika menang ada kejanggalan, dirinya pun meminta untuk dilaporkan dan dibuktikan.

"Kalau ada kejanggalan atau apa laporkan saja. Kalau lapor ya harus ada buktinya," tegas Gibran.

Sebelumnya diberitakan, suntikan modal Rp 71 miliar yang dilakukan oleh Alpha JWC Ventures ke start-up minuman Goola kembali menjadi perbincangan.

Hal ini terjadi setelah pakar information technology (IT) Sammy Notaslimboy menyoroti suntikan modal ke perusahaan bisnis minuman manis itu, yang salah satunya adalah es doger.

Padahal, investasi yang digelontorkan oleh Alpha JWC Ventures tersebut dilakukan pada Agustus 2019. Goola didirikan pada tahun 2018 oleh Kevin Susanto, Benz Budiman, dan putra Presiden Indonesia Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Co-founder & General Partner Alpha JWC Ventures Chandra Tjan mengatakan, investasi dan pendampingan dilakukan ke dalam perusahaan rintisan (start-up) di Indonesia dan Asia Tenggara, salah satunya seperi Goola, agar mendorong start-up di Tanah Air untuk berkembang pesat.

Apalagi kata dia, saat dilakukan investasi tersebut, Goola sudah memiliki produk dan beberapa cabang di Jakarta, termasuk di daerah Cikini, Jakarta Pusat; dan Setiabudi, Jakarta Selatan.

“Oleh sebab itu, setelah melakukan serangkaian penilaian dan perbandingan produk, angka penjualan, hingga proyeksi keuangan atau yang biasa disebut due diligence, Alpha JWC memutuskan berinvestasi di perusahaan tersebut secara bertahap berdasarkan pencapaian perusahaan,” ujar Chandra Tjan kepada Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Dengan investasi tersebut, Alpha JWC sudah memiliki saham minoritas di Goola dengan pemilik saham terbesar adalah para pendiri perusahaan, seperti Kevin Susanto, Benz Budiman, dan Gibran Rakabuming.

Chandra Tjan juga menilai, jumlah investasi tersebut masih dalam jumlah wajar. Sebab, dengan dana kelolaan sebesar 630 juta dollar AS, Alpha JWC mampu melakukan investasi di berbagai sektor (sector-agnostic) dengan jumlah investasi (ticket size) beragam.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/20/084523078/soal-bisnis-es-doger-disuntik-rp-71-m-gibran-duwite-ora-mlebu-neng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke