Salin Artikel

Kabupaten Tangerang Dilanda Banjir, Ratusan Warga Terdampak

KABUPATEN TANGERANG, KOMPAS.com -  Permukiman warga di Kampung Sungai Turi, Desa Laksana, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten terendam banjir, Selasa (18/1/2022).

Adapun ketinggian banjir di wilayah itu setinggi 50 sampai 1 centimeter akibat meluapnya aliran sungai.

Kepala Desa Laksana, Tajudin Sudrajat mengatakan, saat ini sebanyak 350 kepala keluarga (KK) di kampung tersebut terdampak banjir.

"Di Desa Laksana ada empat RT (Rukun Tetangga). Dua RT dan dua dusun dengan jumlah 350 KK serta total warganya sebanyak 850 orang terdampak banjir," kata Tajudin dikutip dari Antara, Rabu (19/1/2022).

Ia mengatakan, banjir yang merendam di sekitar wilayahnya tersebut sudah terjadi sejak Selasa malam.

Banjir itu, menurutnya, diakibatkan oleh meluapnya aliran sungai dengan disertai cukup tingginya intensistas hujan pada beberapa hari terakhir.

"Rendaman banjir ini dari luapan sungai ditambah curah hujan yang tinggi," ujarnya.

Tajudin mengatakan, ratusan warganya yang terdampak banjir masih bertahan di rumah masing-masing.

"Warga masih tetap bertahan, meski kita sudah menyarankan untuk sementara mengungsi di rumah saudara masing-masing," ujarnya.

Kendati demikian, Tajudin mengatakan, banjir di wilayahnya sudah sering terjadi, bahkan sudah menjadi langganan setiap tahunnya.

"Sudah langganan di wilayah kami, dan kami sudah konfirmasi ke tim BPBD Kabupaten Tangerang untuk menerjunkan tim," kata Tajudin Sudrajat.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir menjelaskan, banjir yang merendam kampung tersebut, terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi.

Kemudian guna membantu aktivitas masyarakat setempat, Pos BPBD dan Pemadam Kebakaran Pakuhaji, menerjunkan sejumlah tim dan satu perahu karet yang dapat digunakan warga untuk melewati banjir.

"Musibah banjir yang merendam di Kampung Sungai Turi, biasanya tidak berlangsung lama. Sebab, mayoritas air lebih diakibatkan kiriman dari Bogor dan luapan Kali Cisadane," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/19/201647878/kabupaten-tangerang-dilanda-banjir-ratusan-warga-terdampak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke