Salin Artikel

Pemkot Ambon Dikritik karena Jadikan Vaksinasi Anak sebagai Syarat PTM

AMBON, KOMPAS.com - Anggota DPRD Provinsi Maluku, Rovik Akbar Afifuddin mengkritik langkah Pemerintah Kota Ambon yang menjadikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun sebagai syarat penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Rovik tidak setuju vaksinasi anak menjadi syarat wajib pemberlakuan PTM lantaran Kota Ambon saat ini sudah masuk zona hijau penyebaran Covid-19. Selain itu vaksinasi terhadap anak tidak boleh dipaksakan.

"Jangan ada paksaan bagi anak dan orangtua untuk vaksin, apalagi sampai itu menjadi syarat wajib bagi PTM, tidak boleh,” kata Rovik kepada Kompas.com via telepon seluler, Rabu (19/1/2022).

Rovik menganjurkan orangtua membawa anaknya mengikuti vaksinasi. Namun tidak boleh ada paksaan terhadap orangtua dan anaknya untuk mengikuti vaksinasi dengan alasan sebagai syarat PTM.

“Kalau ada yang mau ikut vaksiansi tidak apa-apa, tapi jangan sampai terkesan dipaksakan dengan syarat PTM tadi,” ujarnya.

Mantan Anggota DPRD Kota Ambon dua periode ini juga mengingatkan Pemerintah Kota Ambon agar tidak mengejar target sebagai daerah yang dinilai berhasil mewujudkan capaian vaksiansi paling tinggi.

Menurutnya, Kota Ambon telah menjadi daerah di Maluku dengan tingkat capaian vaksinasi tertinggi, yakni mencapai 95 persen.

“Jadi jangan lagi mau mengejar prestasi-prestasi seperti itu. Sekarang sudah zona hijau, kekebalan anak-anak juga kuat, imunnya tinggi jadi jangan lagi bikin sesuatu yang memaksakan,” ujarnya.

“Apalagi Kota Ambon kan sudah masuk zona hijau, jangan kita mau kejar prestasi sebagai daerah yang memenuhi standar herd immunity. Padahal kan kekebalan tubuh anak-anak ini paling bagus, imunnya tinggi,” jelasnya.

Diketahui, vaksinasi anak di Kota Ambon menjadi salah satu syarat penerapan PTM. Pemkot Ambon baru akan menerapkan PTM apabila 80 persen anak yang menjadi target sasaran telah menerima vaksinasi Covid-19.

Saat ini, Pemerintah Kota Ambon sedang gencar melakukan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun. Tercatat, lebih dari 16.000 anak telah mengikuti vaksinasi dari jumlah target sasaran sebanyak 31.784 anak.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/19/172812878/pemkot-ambon-dikritik-karena-jadikan-vaksinasi-anak-sebagai-syarat-ptm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke