Salin Artikel

Mulai Besok, Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Digelar di Seluruh Kalbar

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan (Menkes) tentang Pelaksanaan Vaksinasi Pada Anak Umur 6-11 Tahun.

“Pencanangan vaksinasi anak 6-11 tahun pada Selasa besok. Diharapkan kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, dan Kantor Kemenag di daerah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Harisson kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Harisson melanjutkan, vaksinasi untuk anak 6-11 tahun menggunakan merk Sinovac.

Maka dari itu, jika ada kabupaten dan kota yang masih kekurangan stok diminta segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kalbar.

“Saya sudah minta Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan di kabupaten untuk segera mempersiapkan segala sesuatunya sedari awal,” ucap harisson.

Sebelumnya, pemerintah sudah memulai pemberian vaksin Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun.

Pemberian vaksin bagi anak usia 6-12 tahun ini bertujuan melindungi mereka dari paparan Covid-19 dan memberikan keamanan saat melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Vaksin ini dipastikan aman dan dapat merangsang kekebalan terhadap Covid-19, berdasarkan hasil uji klinik pada kelompok umur 6-11 tahun di China yang telah dipublikasikan di jurnal ilmiah dan telah dikaji dengan teliti oleh BPOM dan ITAGI.

Efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sangat jarang dan tidak berbahaya.

Beberapa efek samping seperti nyeri di bekas suntikan, bengkak, demam, pusing hingga lesu akan hilang dalam satu hingga dua hari. Jadi vaksin Covid-19 aman untuk anak usia 6-11 tahun.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/17/125042878/mulai-besok-vaksinasi-covid-19-untuk-anak-6-11-tahun-digelar-di-seluruh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke